Apa sih sebenarnya Tanda Kunci atau Key Signatures dalam Musik itu?


Tanda Kunci atau Key Signature selalu dipakai dalam sebuah partitur musik. Tapi ada juga lo teman-teman yang dalam penyebutan secara awam tanda kunci ini hanya dengan "kunci" saja, apakah itu salah?, nah untuk masalah itu saya pribadi tidak berani mengatakan bahwa itu salah dan benar intinya kita memahami apa yang kita lakukan saja. Sebenarnya apasih fungsi dan artinya dalam sebuah partitur?....Baiklah kita akan belajar bersama-sama mengenai Tanda kunci atau Key Signature ini.

Tanda Kunci atau Key Signature merupakan tanda yang dipakai dalam sebuah penulisan lagu pada garis paranada atau meassure serta not balok untuk mengetahui letak nada.

Tanda Kunci menunjukkan letak nada. 

Misalnya kunci G menunjukkan register dari nada yang dimainkan dalam sebuah partitur. Ada tiga macam tanda kunci yang biasa digunakan dalam musik, yaitu: kunci G (Treble cleft), kunci F (Bass cleft) dan kunci C (C cleft) (tanda kunci ini biasa dipakai untuk instrumen melodi).


Tanda Kunci G (Treble Cleft)

Kunci G adalah kunci yang bentuknya seperti kepala biola. Kunci G disebut juga kunci sopran karena kunci G digunakan untuk menuliskan nada-nada tinggi. Kunci G digunakan untuk menunjukkan letak nada G pada garis kedua. Letak nada di garis paranada dengan kunci G:



           C         D         E         F            G         A       B        C’



Tanda Kunci F (Bass Cleft)


Kunci F adalah kunci yang biasa digunakan untuk menuliskan nada-nada rendah, maka kunci F disebut juga kunci Bass. Letak kunci F pada garis paranada ada di garis keempat, maka menunjukkan nada F di garis keempat. Letak nada di garis paranada dengan kunci F:

 
           F         G        A          B          C       D        E          F’

 


Tanda Kunci C (C Cleft)

Kunci C adalah kunci yang menunjukkan letak nada C, digunakan untuk menuliskan nada sedang (misal pada biola alto). Letak nada di garis paranada dengan menggunakan kunci C:

 

           C         D        E        F            G         A        B       C’


Tambahan:

Rythm Cleft


Selain tanda kunci untuk instrumen melodi, tanda kunci untuk instrimen non melodi juga ada kok....begini penampakannya.....



 

             Atau 


Tanda kunci ini biasa digunakan untuk instrumen yang tidak bernada atau non-melodi (contoh: bass drum, cymbal).


Artikel Terkait: Perbedaan Not Balok dengan Not Angka


Sumber

  • Boatwright, Howard. 1956. Introduction to the Theory Music. New York: W.W. Norton.
  • Feldstein, Sandy. Practical Theory Complete: A Self Instruction Music Theory Course. New York: Alfred Publishing Co., Inc.
  • Fillamenta, N. 2015. DASAR TEORI MUSIK: untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Guru Pendidikan Seni. Palembang: Sapu Lidi
  • Jones, George Thaddeus. 1974. Music Theory. New York: Harper & Row, Publishers, inc.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url