Apa Yang Dimaksud Dengan NOTE atau NADA dan PITCH?

 pitch atau nada

Hai, ini FIllArt dengan Tutoriology dan selamat datang di Seri Teori Musik Pemula. Dalam tulisan ini kita akan melihat apa itu pitch dan apa itu nada. 

Dari semua tulisan dalam seri ini, yang satu ini mungkin akan memiliki aplikasi langsung. Namun kita akan menggunakan istilah "pitch" dan "note" di seluruh seri. 

Jadi, saya pikir itu ide yang baik untuk memiliki pemahaman tentang apa yang sebenarnya kita maksud dengan hal-hal itu.

Kata Pengantar

Saya juga berpikir akan menarik untuk melihat apa yang terjadi di dunia musik. Di area yang seringkali para musisi tidak meluangkan waktu untuk benar-benar berhenti dan mempertimbangkannya. 

Tapi begitu kita melakukannya, saya pikir Anda akan menemukan bahwa ia memiliki keindahan uniknya sendiri. Namun, jika Anda tidak menangkap setiap ide yang ada di tulisan ini, saya tidak akan terlalu mengkhawatirkannya. 

Karena, sebagian besar konsep di masa depan tidak akan terlalu terkait dengan ini. Seperti yang saya katakan, ini hanya semacam gambaran umum tentang apa yang terjadi dan dari mana ide nada dan nada ini berasal. 

Tapi, begitu kami sudah cukup mapan, kami tidak perlu kembali lagi. Mungkin kami bisa mempertimbangkannya untuk memperluas wawasan Anda sebagai musisi. Jadi hanya duduk dan bersantai dan membaca! 

PITCH

Jadi apa itu pitch? 

Pitch adalah suara yang terjadi pada kecepatan tertentu. 

Sekarang, beberapa suara adalah kumpulan nada-seperti guntur yang memiliki begitu banyak nada yang terjadi sekaligus sehingga terdengar seperti suara bising di telinga kita. Itu menjadi tidak bisa dibedakan. 

Tapi, sesuatu yang hanya memiliki satu frekuensi dengannya akan terdengar seperti nada di telinga kita- seperti nada tunggal. Beberapa suara akan bergerak lebih cepat dan suara itu terdengar lebih tinggi di telinga kita. 

Beberapa suara bergerak lebih lambat dan terdengar lebih rendah di telinga kita. Saat suara menjadi lebih disederhanakan, kita dapat membedakan frekuensi tertentu. dan itu terdengar seperti nada bagi kami. 

Karena suara dapat terjadi dalam jumlah frekuensi yang hampir tak terbatas , itu berarti ada juga jumlah nada yang hampir tak terbatas . Namun, telinga manusia memiliki dua faktor pembatas yang penting yaitu:

Faktor pembatas yang pertama adalah Rentang Frekuensi Yang Dapat Didengarnya. Jadi suara yang terjadi di atas frekuensi tertentu tidak bisa kita dengar. Selain itu, suara yang terjadi di bawah frekuensi tertentu juga tidak terdengar oleh kita. 

Faktor pembatas kedua adalah kesulitan kita dalam membedakan dua frekuensi yang berdekatan. Jadi, jika Anda pernah mencoba menyetel instrumen dengan telinga dan mengalami kesulitan dengan itu, itu karena Anda mengalami keterbatasan ini. 

Jadi karena keterbatasan telinga kita ini, kita akan memilih frekuensi tertentu dan akan mendeklarasikannya sebagai nada.

Frekuensi dalam Pitch

Jadi misalnya, pada 440 Hertz(hz), ada nada dan kemudian pada 220 hz ada nada lain. Dan di antara dua frekuensi itu, kami memiliki sebelas nada lain yang kami gunakan. Apa pun antara 440 dan 220 yang bukan salah satu dari frekuensi spesifik itu tidak dianggap sebagai not, karena secara musikal tidak ada. jadi misalnya 439 hertz bukan not. 438 hertz bukan not. 

Jadi, tempat yang berbeda di dunia memiliki koleksi catatan yang berbeda. Mereka membagi 440 itu atau 220, kisaran itu di sana, mereka mungkin membaginya dengan cara yang sedikit berbeda. Akan ada banyak tumpang tindih. 

Akan ada banyak kesamaan dalam catatan karena matematika yang benar-benar terjadi, dan fisika yang terjadi di sana bersifat universal. Tetapi ada langkah-langkah tertentu di antara beberapa catatan ini yang akan digunakan beberapa area di dunia dan area lainnya tidak. 

Jadi misalnya, sitar memiliki beberapa fret yang tidak dapat Anda temukan di gitar. sama halnya dengan oud di Timur Tengah atau pipe di Timur Jauh. Ada instrumen berbeda yang memiliki nada berbeda di atasnya dan tempat berbeda di dunia memiliki koleksi nada berbeda. 

Namun, apa yang mungkin biasa Anda dengar di radio, misalnya, adalah kumpulan 11 nada yang terjadi antara 440 hertz dan 220 hertz.

Jadi dalam tulisan ini, Anda dapat melihat efek satu frekuensi murni terhadap air. Dan perhatikan bahwa saat frekuensi naik- saat Hertz meningkat, kecepatan gelombang juga meningkat, dan bentuk yang dibuat setiap gelombang sedikit lebih kecil. 

Dan tentu saja kebalikannya benar bahwa ketika hertz turun, frekuensinya semakin lambat dan gelombangnya semakin lambat dan setiap gelombang kecil sedikit lebih besar. 

Terimakasih sudah membaca. Apabila Anda ingin mendukung saya dan terus membuat tulisan ini, jangan lupa membagikan tulisan ini kepada teman anda.Rahayu.....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url