Cara Membaca Not Balok Dengan Mudah dan Disertai Gambar!

cara membaca not balok dengan mudah

Tutotial cara membaca not balok ada banyak tersebar di dunia maya. Mulai dari yang ini sampai yang itu. Kali ini Tutoriology akan memberikan tutorial cara membaca not balok yang sangat simpel dan mudah. Baiklah mari kita mulai tutorialnya.

KENALAN DENGAN RUMAHNYA NOT BALOK

Langkah pertama adalah kenalan dengan rumahnya not balok. Kenapa kita harus kenalan dengan rumahnya not balok?. Baiklah sekarang saya ambil contoh ketika kita akan mulai membaca sebuah kata dan kalimat. 

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah berkenalan dengan "abjad" lalu dilanjutkan dengan "huruf" sampai akhirnya membentuk kata dan kalimat. 

Dalam teori musik sebetulnya ada "bahasa khusus" untuk setiap istilah di dalamnya. Untuk tutorial mengenai "bahasa khusus" dalam teori musik akan saya buatkan khusus di artikel lain. 

Bahasa khusus dalam menjelaskan rumahnya not balok sering disebut sebagai "staff" yang dipisahkan oleh barline menjadi "measure". "Staff" disini artinya "garis birama", sedangkan "measure" adalah birama.

cara membaca not balok dengan mudah
staff / birama
cara membaca not balok dengan mudah
bar line / pembatas birama

Naah.. setelah kita berkenalan dengan rumahnya not, sekarang kita akan berkenlan dengan not / nadanya.

KENALAN DENGAN NOT ATAU NADA

Langkah selanjutnya kita akan kenalan dengan not atau nadanya. Tapi sebelumnya dalam tutorial ini, saya akan memberikan "tips" agar not atau nada ini mudah utk dikenali dan dipahami.
cara membaca not balok dengan mudah

Kita kembali ke gambar "staff" atau "garis pada birama" . Agar lebih familiar saya pakai istilah "garis birama" saja ya. Baiklah mari kita mulai. 

Garis birama dalam sebuah "birama" terdapat lima (5) garis dan empat (4) spasi. Untuk nama nada baik pemula maupun lanjut tetap memakai "huruf" A sampai A (A-B-C-D-E-F-G-A). 

cara membaca not balok dengan mudah
cara membaca not balok dengan mudah
Dari kedua gambar di atas kita sudah dapat melihat nama nada pada setiap posisi baik posisi di garis birama maupun di antara garis birama atau spasi.

KENALAN DENGAN BENTUK NADA 

Setelah kita berkenalan dengan rumah nada dan nama nada, selanjutnya kita akan berkenalan dengan bentuk nada secara dasar dan umum. 

Nada berbentuk oval seperti telur. Varian dari nada menyesuaikan nilai nada tersebut ada yang setengah, seperempat, satu/penuh, dan ada yg pakai tongkat dan bendera juga. 

Untuk tutorial kali ini kita berkenalan dengan bentuk yang umum dahulu.

cara membaca not balok

Dari gambar di atas kita dapat melihat bentuk nada (secara umum), nama nada dan posisi nadanya. Setiap posisi nada menyesuaikan nama nadanya. (Contoh gambar di atas adalah tangganada C Mayor.).

Naaah..bagaimana mudah bukan membaca not balok. Jadi tidak perlu putus semangat untuk mempelajarinya. Baiklah demikian Tutorial cara membaca not balok dengan mudah. Semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan bisa di tulis di kolom komentar, dan apabila dirasa bermanfaat bisa dibagikan ke media sosial sahabat baca sekalian. RAHAYU... 

Sumber

Fillamenta,N.2015.Dasar Teori Musik:Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Guru Pendiidikan Seni).Palembang:Harapan Jaya


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url