Pengertian Public Relation atau Hubungan Masyarakat: Sebuah Pengantar


 Selayang Pandang

Public Relation atau Hubungan Masyarakat banyak sekali yang mendefinisikannya. Berawal dari satu individu yang dinamakan manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berkaitan dan berjejaring satu sama lain. Dalam sebuah jejaring sosial diperlukan hubungan yang sehat dan bersaing, sehingga terjadi hubungan yang harmonis. Hubungan yang harmonis tersebut tidak terlepas dari sebuah sistem yang terbentuk baik secara manual ataupun otomatis sehingga terciptalah apa yang dinamakan saling silang dan saling isi satu sama lain.

Humas atau PR?

Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.

Fungsi kecil PR

Public Relations (PR) merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta, merencanakan, mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah dicapainya.

Public Relation: Ilmu Baru yang Kering

Public relation atau hubungan masyarakat masih merupakan bidang baru terutama di Indonesia. Lahirnya public relation seperti yang dipraktekan sekarang ialah karena adanya kemajuan-kemajuan dalam berbagai macam bidang itu. Kemajuan yang sekaligus merupakan juga kekuatan-kekuatan dalam masyarakat, memisahkan manusia kedalam berbagai kelompok atau golongan, yang masing-masing mempunyai tujuan sendiri dan berusaha untuk mencapai tujuan itu dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka untuk menciptakan kerja sama, public relation merupakan suatu kebutuhan dalam masyarakat dewasa ini, dimana orang-orangnya bergerak di berbagai bidang, misalnya dalam bidang industri, perusahaan, pendidikan, pemerintahan, kerokhanian, social ekonomi, politik perburuan dan sebagainya.

Pendekatan dalam Public Relation

Pendekatan public relation memang tidak harus dilihat semata-mata sebagai aparat kelembagaan, seperti dalam wujud Bagian Humas atau Biro Humas. Yang utama, memang, penerapannya sebagai metode komunikasi oleh tiap karyawannya. Mengingat diperlukan waktu panjang untuk mengusahakan tiap karyawan mampu menerapkan public relations sebagai metode komunikasi dalam kehidupan dan kegiatan sehari-harinya, hadirnya public relations sebagai lembaga di lingkungan pemerintah kabupaten dan kota masih diperlukan.

Selain dua pendekatan itu, masih dimungkinkan pendekatan ketiga yakni peran humas dirangkap top manager atau perangkat pemerintah lain. Kemungkinan lainnya, pemerintah mempekerjakan konsultan jasa di bidang public relations yang berada di luar struktur pemerintahan, terus-menerus atau secara insidental.

Tantangan baru di Era Milenium

Dalam era ini humas sebagai salah satu fungsi manajemen dalam lingkungan pemerintah kabupaten atau kota perlu tetap dipertahankan bahkan harus ditingkatkan perannya. Peningkatan perannya dengan jalan memperbarui dan menyesuaikan konsep humas pemerintah yang selama ini kita kenal, dan menerapkan konsep public relation dalam manajemen modern selaras tuntutan dan tantangan era Milenium sekarang ini.

Sumber

Fillamenta,N. 2018. Public Relation dalam Dunia Kesehatan. Palembang: Sapu Lidi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url