Sejarah Musik Barat dari Abad Pertengahan Sampai Abad 21

Musik Abad Pertengahan (500 M - 1400)

Musik Abad Pertengahan merupakan atau bisa dikatakan awal dari musik barat. Pada zaman ini musik-musiknya meliputi musik yang dipakai untuk gereja (musik liturgi) dan musik sekuler dan musik yang dipakai oleh non-religius. Musik ini biasanya dipakai hanya untuk kegiatan keagamaan dan Misa walaupun ada beberapa masyarakat yang memainkan dan mendengarkannya untuk melepas lelah setelah kerja. Tetapi ada juga yang dimainkan dengan solo vokal dan dengan instrumen. 

Zaman Renaisans (1450 - 1600)

Musik Renaisans adalah musik klasik yang digubah pada Zaman Renaisans, sekitar tahun 1450 sampai dengan 1600. Penentuan batas awal zaman musik ini sulit dilakukan karena tidak terdapat perubahan besar dalam musik pada abad ke-15, selain juga bahwa musik dalam perkembangannya mendapatkan ciri-ciri "Renaisans" secara bertahap. Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Pertengahan dan sebelum Zaman Barok. Beberapa komponis dari zaman ini adalah Giovanni Pierluigi da Palestrina, Orlande de Lassus, dan William Byrd.

Zaman Barok (1600 - 1750)

Musik Barok adalah musik klasik barat yang digubah pada Zaman Barok (Baroque), kira-kira antara tahun 1600 dan 1750. Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Renaisans dan sebelum Zaman Klasik. Sebenarnya, kata "Barok" itu berarti "mutiara yang tidak berbentuk wajar", sangat pas dengan seni dan perancangan bangunan pada era ini; kemudian kata ini juga dipakai untuk jenis musik itu. 

Ciri Khas Musik Zaman Barok

Pada jaman tersebut, piano belum ditemukan, dan komposisi dikarang untuk hapsicord. Partitur musik di jaman Barok ditandai dengan tidak adanya iringan atau polifoni. Karya JS Bach untuk hapsicord lazim mempunyai dua melodi atau lebih untuk tangan kanan dan tangan kiri. Musik Barok lazimnya hanya mencerminkan satu jenis emosi saja. Dibanding dengan Musik Klasik dan Romantik, musik Barok jarang mempunyai modulasi atau rubato. Untuk komposisi piano, pedal jarang digunakan saat memainkan musik Barok.

Komponis Zaman Barok

Beberapa komponis Zaman Barok adalah Claudio Monteverdi, Henry Purcell, Johann Sebastian Bach, Jean-Philippe Rameau, George Frideric Handel, dan Antonio Vivaldi.

Zaman Klasik (1740 - 1830)  

Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain.

Ciri Khas Musik Zaman Klasik

Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik.  Ciri Musik Pada Zaman Klasik menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut (decrssendo). Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan (ritardando). Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya. Pemakaian akord umumnya 3 nada.

Komponis Zaman Klasik

Beberapa komponis zaman klasik adalah Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, Andrea Luchesi, Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach, walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.

Zaman Romantik (1815 - 1910)  

Zaman Romantik dalam sejarah musik Barat berlangsung dari sekitar awal 1800-an sampai dengan dekade pertama abad ke-19. Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Klasik dan sebelum Zaman Modern.

Ciri Khas Musik Zaman Romantik

Musik Zaman Romantik dikaitkan dengan Gerakan Romantik pada sastra, seni, dan filsafat, walaupun pembatasan zaman yang digunakan dalam musikologi sekarang sangat berbeda dari pembatasan zaman ini dalam seni yang lain (yaitu 1780-an sampai dengan 1840-an).

Komponis Zaman Romantik

Beberapa komponis dari zaman ini adalah Franz Schubert, Johann Strauss, Sr., Felix Mendelssohn, Frédéric Chopin, Robert Schumann, Richard Wagner, Giuseppe Verdi, Hector Berlioz, dan Johannes Brahms.

Musik Abad ke-20 (1900 - 2000)

Zaman ini dalam sejarah musik barat berlangsung sekitar awal tahun 1900-an sampai dengan tahun 2000-an. Zaman ini berlangsung setelah Zaman Romantik.

Ciri Khas Musik Abad Ke-20

Musik Zaman Modern ditandai dengan beberapa pengembangan musik dari zaman sebelumnya yang mulai terpublish atau terekspos. Berbicsra mengenai Musik Zaman Modern, kita dihadapkan pada beberapa karya komposisi yang mulai mengalami peralihan dari era Romantik akhir. Musik Zaman Modern ini kental dengan muatan "eksperimental" yang melibatkan "pengembangan" dari unsur-unsur musik dari "harmoni', "tempo", "timbre". 

Komponis Abad Ke-20

Beberapa komponis zaman ini adalah Bella Bartok (Hungaria), Claude Achille Debussy (Prancis), Edward Benyamin Britten (Inggris), Igor Fedorovinsky (Rusia), dan Maurice Ravel (Rusia). 


Musik Abad ke-21 (2000 - Sekarang)

Musik abad ke-21 dalam sejarah musik barat berlangsung sekitar awal tahun 2000-an. Zaman ini atau musik abad ke-21 ini berlangsung setelah musik abak ke -20.

Ciri Khas Musik Abad Ke-21

Musik abad ke-21 ini mulai berkembang sampai melibatkan beberapa pengembanan dari instrumen yang dipakai. Misalnya saja gitar akustik yang mulai mengunakan listrik atau disebut juga gitar elektrik. Selanjutnya piano yang mulai di subtitusikan ke instrumen sejenis yang biasa disebut keyboard. Sehingga pengembangan itu menjadi sebuah grup musik yang biasa disebut "band". Musik zaman ini sudah menggunakan apa yang dinamakan "aliran" atau "genre". Mulai dari blues, jazz, pop, rock, punk, metal, rock n' roll, sampai  psychedelic.

Komponis Abad Ke-21

Beberapa Komponis zaman ini diantaranya adalah: Neil Amstrong, Jimmy Hendrix. John Lennon, Fredy Mercury, dan masih banyak yang lainnya yang sampai sst ini masih bermusik, baik solo maupun grup.


PENUTUP

Demikianlah "secuil" cerita mengenai Perkembangan Sejarah Musik Dari Abad Pertengahan Sampai Abad Ke-21. Smoga bermanfaat. Oiya, apabila sahabat baca sekalian ada pertanyaan bahkan ada tambahan dipersilahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih sebelum dan sesudahnya. Rahayu Sagung Dumadi...


Sumber: 

  • Caldwell, John.1978.Medieval Music.Bloomington and London:Indiana University Press
  • Christensen, Thomas, ed.2002.The Cambridge History of Western Music Theory.Cambridge:Cambridge University Press
  • Derrick, Henry.1983.The Listeners Guide to Medieval and Renaissance Music.New York:Facts on File
  • Kartomi, Margaret J.1990.On Concepts snd Classifications of Musical Instruments.Chicago:University of Chicago Press
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url