Belajar Teori Musik: Mengenal Tangganada Mayor Pentatonik


tangganada mayor pentatonik

Tangganada mayor pentatonik merupakan sebuah pergerakan nada yang berasal dari pendahulunya yaitu tangganada mayor natural. Ada baiknya sebelum mengenal lebih dekat mayor pentatonik kita harus mengenal mayor natural dahulu.

Mayor Natural

Dalam teori musik, mayor natural merupakan pergerakan nada yang melibatkan interval dalan prosesnya. Contoh kecilnya seperti berikut ini:
tangganada mayor pentatonik
Dari gambar diatas kita dapat melihat pergerakan nada yang membentuk tangga ke atas (makanya disebut tangganada) berjumlah 8. Setiap nada mempunyai nama dan atau simbol tertentu yaitu: do-re-mi-fa-sol-la-ti-do atau 1-2-3-4-5-6-7-8 atau dengan huruf C-D-E-F-G-A-B-C.
Kenapa pergerakan nada tersebut dinamakan mayor?. Kalau melihat pertanyaan tersebut jawabannya adalah karena interval atau jarak setiap nada mempunyai nilai yang akhirnya dinamakan tangganada mayor.
tangganada mayor pentatonik

T merupakan sebutan untuk TONE yang artinya satu, sedangkan S merupakan sebutan untuk SEMITONE yang artinya setengah.

Mayor Pentatonik

Setelah kita mengenal mayor natural barulah kita masuk ke mayor pentatonik. Untuk mengenal pebih dekat lagi dengan mayor pentatonik kita jarus memahani sesikit kenapa dikatakan "pentatonik". Naahh...penyebutan dan atau istilah pentatonik diawalai dari kata "penta" yang artinya lima (5), sedangkan "tonik" adalah nada. Jadi secara dasar pentatonik adalah lima nada. Mari kita lihat gambar berikut:
tangganada mayor pentatonik

Dari gambar diatas kita melihat ada pergerakan nada berjumlah 5+1. Maksudnya adalah 5 nada utama ditambah 1 nada tambahan berupak oktaf dari tonika atau "do" nya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak video berikut ini:



Demikianlah pengenalan kita dengan mayor pentatonik. Semoga bermanfaat. Rahayu Sagung Dumadi 🙏🙏🙏



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url