Cerita Singkat Teknologi Pendidikan Secara Filosofi

Teknologi Pendidikan

Berdasarkan tinjauan dari falsafah ilmu, maka TP sebagai suatu pengetahuan mempunyai tiga bagian yang merupakan tiang penyanggah tubuh pengetahuan yang didukungnya.

Ontologi (yang berkaitan dengan pertanyaan “apa”)

Merupakan landasan untuk menetapkan ruang lingkup bentuk dan penafsiran tentang hakikat realitas dari objek telaah TP itu sendiri. Pada komponen ini pembahasannya tentang:

  1. sumber belajar (berupa buku), orang, media yang digunakan, pesan (isi pengetahuan), cara penyampaian pesan, serta lingkungan dimana pendidikan itu berlangsung.
  2. Pengembangan sumber-sumber tersebut, baik secara konseptual, maupun secara faktual;
  3. Perlu adanya pengelolaan dalam kegiatan pengembangan, maupun sumber-sumber untuk belajar.

Epistemologi (berkaitan dengan pertanyaan “bagaimana”)

 merupakan dasar tentang cara bagaimana tiap-tiap materi pengetahuan akan diperoleh dan disusun menjadi suatu tubuh pengetahuan yang utuh, serta bagaimana cara pemecahan tiap-tiap masalah dalam pendidikan. Dalam bagian ini dibahas tentang:

Teori, model, konsep, dan prinsip dari ilmu pendidikan, komunikasi, ilmu perilaku, dan ilmu lainnya digabung secara sistematik dan sistemik untuk hasil yang optimal.

Upaya pemecahan seluruh masalah belajar yang dilakukan dengan menganalisis masalah, merancang, memproduksi, memanfaatkan, menilai, memperbaiki dan mengelola keseluruhan proses kegiatan secara terintegrasi. Pendekatan yang dilakukan dalam bagian ini:

  1. Masalah belajar dikelola secara simultan
  2. Terintegrasi
  3. Sinergis.

Aksiologi (berkaitan dengan pertanyaan “untuk apa” TP itu ada) 

merupakan landasan dalam menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh dan disusun, hal ini lebih banyak bicara tentang tata nilai dan kegunaan potensi dari TP. Adapun kegunaan potensial dari TP meliputi:

  1. Perluasan dan pemerataan kesempatan belajar,
  2. Meningkatkan mutu pendidikan,
  3. Penyempurnaan sistem pendidikan,
  4. Peningkatan partisipasi masyarakat,
  5. Penyempurnaan pelaksanaan interaksi antara pendidikan dan pembangunan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url