Cara Membaca Not Angka Dengan Mudah dan Disertai Gambar!

cara membaca not angka

Halo sobat baca dimanapun anda berada. Tutoriology kali ini akan membahas tutorial cara membaca not angka. Pada artikel kemarin sudah sama-sama kita memahami tutorial cara membaca not balok dengan mudah ( silahkan baca di sini ). 

Lantas apa yang membuat beda antara not balok dan not angka? Baiklah mari kita selami bersama secara perlahan.

PERBEDAAN NOT BALOK DENGAN NOT ANGKA

Perbedaan not balok dengan not angka sebenarnya tidak terlalu jauh dalam beberapa "hal", tetapi bisa sangat jauh apabila di analisa secara mendalam. Lantas kenapa harus ada not balok dan not angka?. 

Secara mendasar not balok terdiri dari beberapa "poin" dalam prosesnya. Poin tersebut adalah dimulai dari mengenal rumah nada, birama, garis birama sampai nama dan bentuk nada itu sendiri. 

Sedangkan pada not angka kita hanya berhadapan dengan "angka 0 - 9". Angka tersebut merupakan "tanda" bagi para pembaca yang berfungsi untuk melacak "nada" untuk dimainkan pada instrument atau alat musik tertentu. 

Jadi secara singkat (karena kita tidak mempelajari sejarah not balok dan not angka) perbedaan mendasar antara not balok dengan not angka adalah terletak pada "simbol dan tanda" untuk mengetahui "nada" apa yang harus dimainkan. 

Sementara penyebutan scale atau tangganada sama yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si. 

Kemudian bagaimana cara membaca dan simbol pada not angka?. Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya

SIMBOL DAN TANDA PADA NOT ANGKA

Simbol dan tanda pada not angka sebenarnya sangat sederhana sekali. Apa sih yang membuatnya sederhana?. Yang merupakan membuat simbol dan tanda pada not angka sederhana adalah hanya menggunakan "angka 0-9" saja. 

CARA MEMBACA NOT ANGKA

Langkah selanjutnya dalam tutorial ini adalah cara membaca not angkanya. 
Mari kita perhatikan gambar berikut:
cara membaca not angka

Pada gambar di atas kita melihat ada angka berurutan dari angka satu (1) sampai nol (0). Pada awal angka ada sebuah garis tegak lurus dan setelah empat angka kemudian garis tegak lurus tersebut nampak lagi. Sebenarnya apa sih garis tegak lurus itu?. 

Garis tersebut adalah barline atau pembatas birama. Fungsi garis tegak lurus tersebut adalah untuk memisahkan antara saatu birama dengan birama yang lain. Simbol ini juga tidak jauh berbeda dengan not balok yang memakai garis tegak lurus. 

Pembatasan Birama Disesuaikan Dengan Time Signature atau Sukat Pada Lagunya 

Setelah itu barulah ada angka yang merupakan indikator nada yang harus dimainkan. 

  • 1= do, 
  • 2 = re, 
  • 3 = mi,
  • 4 = fa,
  • 5 = sol,
  • 6 = la, 
  • 7 = si dan
  • 0 = tanda diam atau tanda istirahat.
  • Sedangkan "titik (.)" merupakan tanda untuk menambah waktu nada atau tanda diam tersebut dimainkan, dalam hal ini ada tiga (3) titik di depan nol (0) yang berarti tanda istirahat selama 4 ketuk (nol (0) dihitung satu dan diikuti tanda titik (.) di depannya).

SIMBOL TAMBAHAN PADA NOT ANGKA

Tanda Titik Di Atas dan Di Bawah Angka
Simbol tambahan pada not angka selain dari angka 0 sampai 9 adalah tanda "titik (.)" yang ada di atas dan di bawah angka satu (1) sampai sembilan (9). 
cara membaca not angka
Gambar di atas merupakan contoh dasar pada angka 1 atau "do". 

Tanda Garis Miring Pada Angka

Simbol tambahan selanjutnya adalah tanda garis miring (/ dan \) pada angka. 
garis miring

Sama halnya dengan simbol tambahan di atas, contoh gambar di atas merupakan sebuah perumpamaan pada angka. Untuk aplikasi simbol tambahan garis miring tersebut bisa diaplikasikan pada setiap angka (nada). 

Demikianlah tutorial cara membaca not angka. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar. Terimakasih sebelum dan sesudahnya. RAHAYU.... 

Sumber

Fillamenta,N.2015.Dasar Teori Musik:Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Guru Pendiidikan Seni).Palembang:Harapan Jaya




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url