Kenalkan Musik pada Anak Sejak Dini

musik anak

Kompas, 5 Maret 2006

Sudah menjadi pembicaraan hangat beberapa tahun terakhir ini bahwa musik, khususnya musik klasik, dapat mengembangkan tingkat kecerdasan anak. Namun bagi sebagian orang mungkin hal ini masih menjadi tanda tanya besar, bagaimana bisa? baca berikutnya…
Musik memang dapat memberikan pengaruh-pengaruh tertentu pada diri seseorang. 

Pada orang dewasa saja, musik dapat memengaruhi kondisi psikologis, seperti menjadi lebih tenang saat mendengar musik yang lembut dan menjadi lebih bersemangat saat mendengar musik dengan ritme yang cepat. Ternyata demikian pula halnya yang terjadi pada bayi, bahkan janin yang masih berada di dalam kandungan. 

Janin yang gelisah akan merasa lebih tenang saat diberikan musik yang mengalun lembut. Hal ini disebabkan karena janin yang telah berusia enam bulan sudah dapat mendengar dengan jelas, sehingga dapat bereaksi terhadap bunyi dan melodi dan mengikuti ritme atau irama musik tersebut.

Selain memberi rangsangan psikologis, musik ternyata juga dapat memberi stimulasi untuk perkembangan kecerdasan anak. Musik yang sudah diperkenalkan pada anak sejak masih berada dalam kandungan akan merangsang perkembangan otak kanannya yang memang berkaitan dengan perkembangan kreatif, perasaan, gaya bahasa, irama musik, warna, sosialisasi dan perkembangan kepribadian.

Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Texas di Austin, Texas. Hasil penelitiannya mengatakan bahwa anak yang diperdengarkan musik klasik menunjukkan tingkat emosi yang lebih stabil dibandingkan dengan anak yang diperdengarkan musik rock.

Selain itu, musik juga dapat memengaruhi perkembangan diri baik sosial maupun identitas diri seorang anak. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian dari Texas Commission on Drug and Alcohol Abuse Report pada tahun 1998 yang mengatakan bahwa seorang anak yang turut serta dalam orkestra musik klasik menunjukkan sikap cenderung negatif terhadap penggunaan alkohol, rokok dan narkoba.

Tentu saja seluruh perkembangan anak ini tak hanya dipengarui oleh perkembangan otak kanannya saja, tapi juga harus diseimbangkan dengan perkembangan otak kiri yang juga harus diasah sejak dini. 

Otak kiri inilah yang berfungsi untuk mengembangkan fungsi akademik seperti kemampuan tata bahasa , menghitung, membaca, daya ingat, logika, angka dan analisa . Kini tak perlu lagi menunggu terlalu lama, kenalkanlah musik pada anak sejak dini.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url