Biola Eropa


Apa yang menyebabkan biola Eropa lebih baik dari biola buatan bangsa-bangsa dari benua lain?

1. Para Luthier (master pembuat biola) Eropa lah yang mengembangkan pembuatan seni biola modern. Meski nenek moyang biola pertama kali dibuat oleh bangsa India.

2. Para keluarga Luthier ini biasanya mewariskan rahasia membuat biola secara turun-temurun. Sehingga rahasia ini tetap terjaga dalam keluarga, dan kualitas suaranya dapat selalu diperbaiki

3. Biola Eropa lazimnya dibuat dari kayu maple, Eboni, atau kombinasi dari keduanya untuk badan biola bawah dan atas. Kemudian ada unsur pinus pada bagian lain. Dan brazilian wood pada bow penggeseknya. Artinya, para Luthier Eropa benar-benar memikirkan semua elemen pada biola yang terbaik dari bahan yang terbaik pula. Semua diperhitungkan hingga bagian sekecil-kecilnya.

4. Biola Eropa umumnya dibuat secara hand made (dengan tangan). Meski ada pula yang mungkin buatan pabrik. Buatan pabrik tentu tidak memiliki kesempurnaan dan tingkat kesulitan seperti biola buatan tangan.
Biola hand made, yang dibuat dengan tangan secara hati-hati dan lama; dibuat, dicoba, disempurnakan, dicoba lagi suaranya, lalu lebih disempurnakan lagi, sampai si Luthier merasa biola buatannya sudah memiliki suara seperti yang diinginkannya.

5. Biasanya biola Eropa menggunakan kayu maple dan Eboni yang tumbuh di Eropa. Mungkin saja kedua jenis kayu tersebut tumbuh di benua lain. Namun yang perlu diingat, Eropa memiliki 4 iklim cuaca. Kayu dari pohon yang tumbuh dan menjadi besar melalui 4 iklim dalam 1 tahun, dengan rentang perbedaan suhu yang berkisar -40C sampai +40C, tentu saja memiliki ketahanan yang luar biasa. Apalagi jika kayu maple dan eboni ini bisa tumbuh hingga besar dan tua. Maka kayu tersebut adalah kayu kelas 1 sebagai bahan pembuat biola.

6. Biola yang bagus dan mahal biasanya sisi belakangnya dibuat dari one piece back wood (kayu tanpa sambungan). Ulir atau pola kayu maple tua juga bisa menjadi ciri sebuah biola bagus. Jika biola dalam kondisi dibalik, pada sebuah biola bagus anda akan melihat corak berlapis dari kayu maple, dari bagian terbawah biola hingga paling atas. Semakin rapat polanya, berarti semakin tua dan bagus kayunya, dan akan semakin menghasilkan suara yang fantastis. Namun membedakan kayu maple atau bukan pada sebuah biola, bukan persoalan mudah.

7. Jika sebuah biola memang terbuat dari kayu maple tua. Atau campuran maple tua dan eboni pada bagian atasnya, maka hampir dapat dipastikan suaranya bagus.

8. Biola yang bagus memiliki respon nada yang cepat pada saat digesek, vibrasi, gain, bergema panjang, dan suara yang tebal.

9. Sebuah biola Eropa, jika dimainkan dalam formasi string group atau string orchestra, umumnya akan tetap dapat terdengar suaranya. Artinya, suara biola tersebut tidak ditelan oleh suara biola-biola lain.

10. Urutan biola berdasarkan tempat pembuatannya dari yg kualitas paling baik sampai baik: Jerman, Perancis, Italia pada urutan pertama biola-biola handmade berkualitas terbaik di dunia. Disusul biola-biola dari negara-negara Eropa lainnya seperti Austria, Rumania, Rusia, Belgia, Inggris, dan lain-lain.

Sumber: WIKIPEDIA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url