Cara Membersihkan Biola (Sopran dan Alto)


Halo berjumpa kembali bersama Fillamenta. Dalam tulisan ini saya akan  mengajari Anda cara membersihkan biola anda dengan baik. Sebenarnya yang harus Anda lakukan setiap hari  adalah membersihkan senar biola anda. Nah,  jadi kapanpun anda berlatih atau bermain nantinya akan terasa nyaman. Selain itu dengan cara ini tidak ada lagi lapisan tebal di atasnya string. 

Cara Membersihkan String 

Ketika anda bermain misalnya 1 atau 2 jam, bow anda sebelumnya harus diberi sedikit rossin agar supaya saat anda menggesek biola tidak licin dan suara yang dihasilkan akan terasa lebih nyaman di telinga. Lantas apa yang terjadi setelah berlatih biola selama 1 atau 2 jam?. Sudah pasti akan terjadi penumpukan sisa rossin tadi diatas senar  biola anda. Apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan setelah berlatih maka akan merusak senar anda dan akan terjadu "aus" dan cepat putus. Nah untuk mengatasi itu anda harus segera membersihkan senar biola anda yang terkena rossin tadi. Caranya adalah anda ambil kain tipis atau kain planel, lalu secara perlahan dan sedikit ditekan anda bersihkan senarnya satu persatu. Proses pembersihannya sebisa mungkin satu arah. Perlu diperhatikan bahwa ketika membersihkan string tersebut dibawahnya diberi alas agar kotorannya tidak mengotori biola anda.

Cara Membersihkan Penggesek Biola (Bow)

Selanjutnya adalah cara membersihkan penggesek biola (bow) anda. Proses pembersihan penggesek biola (bow0 ini juga harus secara perlahan dan hati-hati. Mengapa demikian, hal tersebut dilakukan agar tidak merusak bow anda dan mengurangi jumlah berat bow anda (berat bow secara umum sekitar 70-77 gram). Cara membersihkannya adalah tidak terlalu berbeda dengan cara membersihkan senar biola. Bedanya adalah anda harus menggunakan kain pembersih atau kain planel halus yang lain. PErtama-tama adalah anda mengambil kain planel tersebut, Kemudian anda masukkan ke dalam kayu di atas rambutnya. Selanjutnya secara perlahan dan agak sedikit ditekan anda gerakkan satu arah kain planel tersebut baik mau ke atas  ataupun ke bawah. 

Cara Membersihkan Biola

Setelah senar biola sudah bersih, langkah terakhir adalah membersihkan biola anda. Sekali lagi perlu di ingat bahwa setiap membersihkan senar, bow dan biola harus menggunakan kain planel yang berbeda. Hal ini dilakukan agar tidak merusak tekstur biola anda. Pertama-tama adalah ambillah kain planel yang baru. Masukkan secara perlahan kain tersebuat di bawah fingerboard. Kemudian dilebarkan dan secara perlahan anda lakukan gerakan ke depan dan ke belakang atau maju dan mundur. Lakukan dengan sangat hati-hati. setelah bagian atas bersih dilanjut dengan bagian belakang dan samping biola. Lakukan gosokan yang halus dan merata. Bagian terakhir adalah membersihkan tempat dagu atau chin rest anda. Bersihkan semua bekas keringat anda sampai kering. Setelah semua selesai barulah anda memasukkan kembali secara perlahan dan satu-persatu biola dan penggeseknya kedalam case biola anda.

Naah bagaimana gampang kan cara membersihkan biola?. Baiklah terimakasih sudah membaca Cara Membersihkan Biola (Sopran dan Alto). Rahayu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url