Cara Memegang Biola dan bow (penggesek biola) untuk Pemula dengan 3 Langkah Mudah!

Halloo, pada kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana Cara Memegang Biola untuk Pemula dengan 3 Langkah Mudah. Biola merupakan alat musik gesek yang berasal dari eropa (untuk lebih jelasnya bisa baca di sini). Baiklah tanpa berlama-lama mari kita mulai yaa....

Ruang Bebas Biola

Langkah Pertama

Yang harus dilakukan pertamakali adalah mengeluarkan bow dan biolanya dari kotak (case). Setelah itu secara perlahan ambil rosin (untuk digesek di bow) dan gosokkan 3-5 kali satu arah dari bawah (nut) ke atas (poin/tip). Setelah digosok bownya dikebaskan 2 sampai 3 kali secara perlahan. (untuk materi tentang anatomi biola bisa dibaca di sini). setelah biola dan bow siap mari kita lanjut lagi.

Langkah Kedua

Bow dan biola sudah siap sekarang kita melangkah ke cara menempelkan biola (violin) ke bahu kita. Untuk menempelkan biola ini kita harus memperhatikan kenyamananagar terhindar dari sakit leher yang berkepanjangan. 

Langkah Ketiga

Selanjutnya adalah cara memegang bow (penggesek biola). Untuk bow sendiri sebetulnya ada beberapa teknik dalam hal memegangnya, tapi itu akan saya jelaskan pada artikel yang lain. Cara yang paling pertama adalah kita memakai pensil dahulu lalu kemudian diterapkan ke bownya. Posisi jempol berada di dalam atas hair bow mendekati frog (ujung biola bagian bawah tepat screw berotasi), sementara keempat jari lainnya berada di batang bow mendekati screw ( pemutar biola). Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada video di bawah ini:

Nah bagaimana?, ternyata mudah kan, apalagi disertai video panduannya (hehehehe....). Baiklah pembaca yang budiman terimakasih atas kesempatannya membaca artikel ini. Jikalau masih ada yang membingungkan silahkan tuois di kolom komentar di bawah agar supaya kita bisa berinteraksi. Rahayu Sagung Dumadi...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url