Mengapa Karya Seni Itu Mahal?

karya seni

Sebuah karya seni diperoleh dari hasil kerja keras kreator atau senimannya. Hal ini dilandasi oleh banyak faktor. Apa saja faktonya? mari kita telisik bersama.

Pengalaman

Faktor yang pertama adalah pengalaman. Kenapa pengalaman menjadi faktor utama versi tutoriology?. Baiklah, pengalaman adalah sebuah perjalanan seseorang (seniman) dalam mencari apa yang menjadi kebutuhan dan kepuasan seniman itu sendiri. Pencarian tersebut tidak serta merta didapat dari sesuatu yang "instan" dan "gratis". Instan di sini diartikan bahwa ndividu (seniman) tersebut tidak tiba-tiba "viral" dan kemudian langsung "digoreng" atau "diekspose" ke media segingga seakan-akan dia (seniman) mempunyai "proses" yang luaaamaaa, padahal ketenarannya "makbedunduk" atau "splaashhh" hadir tanpa tau dia siapa, bahkan ada yang langsung punya "tarif" setara dengan seniman yang memang berproses puluhan tahun bahkan seumur hidupnya. Sementara gratis disini diartikan bahwa individu (seniman) itu mendapat ilmunya secara"seadanya" yang penting masyarakat langsung melihat "ketenarannya" secara tiba-tiba tadi.

Proses

Faktor berikutnya yang tutoriology pilih adalah "proses". Seperti penjabaran di atas tentang "pengalaman"..maka dalam proses ini adalah sebuah keadaan yang dapat menjadikan individu (seniman) memahami secara komprehensif dan menghargai sebuah karya seni baik dari segi non-material dan material. Kembali kepada kejadian seniman tanpa karya yang bertarif "tinggii". Kalau kita lihat sekilas ndividu tersebut sudah dikenal melalui media yang bisa diakses individu lainnya, tetapi "tidak semudah itu perguso"(pake "p" biar gak nganuuu), pencarian dan penghargaan harus tertanam dalam-dalam.

"Attitude"

Faktor terakhir yang dipilih oleh tutoriology adalah "attitude" atau "sikap". Individu yang (khususnya) berkecimpung di dunia "seni" apapun harus mempunya attitude yang baik. Seperti apa attitude yang baik itu?. Tutoriology mengartikan attitude yang baik itu adalah individu yang tidak merendahkan dan merugikan orang lain., karena walaupun "skill" individu itu "jago" (dalam hal ini musik) tetapi selalu merendahkan, mengejek dan merugikan orang lain, maka akan segera "sirna" lah semua yang sudah dia bangun, apalagi individu (seniman) "prematur" alias "dadakan.

Akhir Katanya 

Demikianlah faktor menurut tutoriology yang menyebabkan kenapa sebuah karya seni itu mahal. Apabila teman-teman ada tambahan tutoriology sangat menghargai untuk referensi dan pengetahuan baik secara pribadi maupun individu lain..Rahayu...🙏🙏🙏






Next Post Previous Post
2 Comments
  • Mohammad Arfani
    Mohammad Arfani 24 April 2022 15.52

    Karya yang digarap dengan baik..InsyaAllah hasilnya akan baik...

    • Putrawayah
      Putrawayah 24 April 2022 19.43

      yoii.. yang penting tetep berkarya

Add Comment
comment url