3 Spesifikasi Dasar Laptop Untuk Pelajar SMK

pelajar SMK

Ada berbagai jenis laptop yang cocok untuk pelajar SMK, tergantung kebutuhan dan budget. Beberapa merek dan model laptop yang populer dan cocok untuk pelajar SMK diantaranya adalah: Asus VivoBook, Acer Aspire, Lenovo IdeaPad, Dell Inspiron, dan HP Pavilion. 

Bidang Ilmu Pelajar SMK Secara Umum

Secara umum pelajar SMK memakai gambar (grafis), Suara (audio) dan manajeman (penulisan dan pengolahan data). Ketiga bidang tersebut hampir rata-rata pelajar SMK menggunakannya walaupun masih banyak yang lainnya.

Baiklah mari kita mengenal spesifikasi laptop secara dasar yang digunakan oleh tiga bidang buat pelajar SMK.

1. Desain Grafis

Untuk desain grafis ini pelajar SMK biasanya dipakai untuk membuat desain gambar seperti logo, banner, poster film dan yang lain berhubungan dengan gambar, biasanya menggunakan corel, potoshop, dll. 

Untuk mendukung aplikasi tersebut diatas pelajar SMK membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhannya, seperti  videocard yang kuat dan RAM yang cukup besar bisa memakai prosesor AMD. 

Untuk masalah merek silahkan dipilih sesuai kemapuan pelajar SMK masing-masing.

2. Audio

Kalau berbicara mengenai audio sudah barang tentu dalam pikiran kita adalah membuat sebuah musik dan  atau sejenisnya. Misalnya membuat lagu, ilustrasi musik dan yang lainnya sesuai tujuan pembuatannya.

Untuk pelajar SMK yang fokus kepada audio membutuhkan soudcard yang mumpuni biaa memakai prosesor intel. RAM yang dipakai diatas 32GB karena diperlukan untuk menampung kapasitas software pendukungnya seperti: frutyloop, nuendo, studio one dan sofrware yang sejenis.

3. Manajemen

Pelajar SMK yang berkecimpung dibidang ini bisa dibilang cukup sederhana. Kenapa demikian? hal ini dikarenakan pda proses pembelajarannya banyak berfokus pada penulisan dan mungkin pengolahan data.

Penggunaan aplikasi pendukung pada umumnya memakai MS Office, PDF, Excel bahkan aplikasi analisis data yang sesuai kebutuhan untuk proses belajar mengajarnya.

Jadi untuk pelajar SMK yang lebih berfokus pada penulisan atau pengolahan data, dapat menggunakan laptop dengan keyboard yang nyaman dan prosesor yang cepat yang cocok digunakan untuk menunjang aplikasi yang digunakan dan proses pembelajarannya.

Kesimpulan

Dari ketiga spesifikasi dasar diatas dapat disimpulkan bahwa pelajar SMK harus benar-benar membeli laptop untuk dipakai yang sesuai dengan kebutuhan proses pembelajarannya.

Selain itu pastikan juga laptop yang dipilih memiliki ukuran dan berat yang nyaman digunakan sehari-hari dan baterai dengan daya tahan yang cukup lama agar mudah dibawa kemana saja.

Demikianlah 3 spesifikasi dasar laptop untuk pelajar SMK. Semoga menjelang tahun ajaran baru nanti para pelajar SMK dapat memilih secara tepat laptop apa yang akan dipakai untuk menunjang proses pembelajarannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url