Cara Membedakan Introvert dan Ekstrovert

cara membedakan introvert dan ekstrovert

Pernahkah anda melihat orang Introvert?, atau melihat orang yang ekstrovert?. Nah pada tulisan ini kita akan mengenal apa itu introvert dan apa itu ekstrovert. Mari kita berkenalan lebih dekat lagi dengan introvert dan ekstrovert.

Pengertian Introvert dan Ekstrovert

Introvert

Introvert adalah sebutan yang digunakan untuk menunjukkan seseorang yang lebih tertutup atau cenderung lebih merenung dan lebih menyukai suasana tenang dan diisi dengan pemikiran dalam-dalam. 

Ekstrovert

Ekstrovert, di sisi lain, adalah sebutan yang untuk menunjukkan seseorang yang lebih terbuka dan berenergi, dan lebih sering mengekspresikan perasaan dan pikirannya ke orang lain. 

Contoh Introvert dan Ekstrovert

Berikut ini adalah beberapa contoh dari seseorang dengan sifat introvert adalah:

  • Memilih untuk membaca buku daripada pergi menghadiri pesta atau pertemuan sosial
  • Merenung atau berpikir sendiri daripada berbicara dengan orang lain di ruang publik
  • Cenderung diam dan kurang aktif dalam kelompok sosial

Selanjutnya kita melihat Beberapa contoh dari seseorang dengan sifat ekstrovert mungkin adalah:

  • Menikmati menghadiri aktivitas sosial dengan sejumlah orang
  • Merasa senang dalam situasi yang memungkinkan untuk memperluas pengalaman dan mengekplorasi hal baru
  • Tertarik pada kesempatan untuk memimpin dan memotivasi orang lain.

Ambivert

Sebagai catatan, tidak semua orang sepenuhnya introvert atau ekstrovert. Banyak orang memiliki ciri-ciri dan sifat yang mungkin lebih seimbang diantara kedua kutub, kita biasa menyebut sifat ini sebagai "ambivert".

Kesimpulan

Secara umum, seseorang yang introvert cenderung lebih tertutup dan cenderung menghindari interaksi sosial yang intens, sedangkan seseorang yang ekstrovert cenderung lebih terbuka dan energik dalam berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. 

Orang yang lebih introvert cenderung lebih banyak memikirkan hal-hal yang dalam, dan lebih tenang dan tunduk pada perenungan, sementara orang ekstrovert lebih mutlak dalam ekspresi mereka dan lebih suka mengambil risiko dalam kehidupan sosial. 

Bisa dikategorikan masuk akal dan juga untuk diingat bahwa tingkat introvertisme dan ekstrovertisme dapat bervariasi pada setiap orang, dan adalah mungkin untuk ada grade yang berbeda-beda di antara pasangan manusia.

Demkianlah penjelasan singkat tentang cara membedakan introvert dan ekstravert. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Apabila dirasa bermanfaat silahkan dibagikan ke semua orang.

Sumber

  1. Connolly, Michele.2008.How to be an Introvert in an Ekstrovert World.Louder Minds.
  2. Laney, Marti Olsen.2007.The Introvert & Extrovert in Love: Making It Work When Opposites Attract.New Harbinger Pubns Inc
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url