INTERVAL NADA: Pengertian, Rumus, Simbol Serta Cara Mempelajarinya Dengan Mudah!

 interval nada

Interval Nada - Halo sobat baca di manapun anda berada. Tutoriology kali ini akan mengajak anda belajar teori musik dengan materi mengenal interval nada. Ada beberapa interval nada yang terkandung di dalam teori musik salah satunya adalah interval "kwint". Nah supaya lebih asyik mari kita mulai yaa...

Apa Itu Interval Nada

Interval adalah jarak. Dimana jarak ini menjadi sebuah kekhasan tersendiri dalam teori musik. Jadi interval nada adalah jarak nada. Kenapa demikian?. Hal ini merupakan sebuah langkah awal dari kita untuk menuju tingkatan dalam teori musik yang disebut chord. 

Teori musik merupakan cabang ilmu yang melibatkan unsur di dalamnya, salah satunya adalah harmoni. Pembahasan mengenai harmoni akan dijelaskan pada artikel lain ya. Baiklah kita kembali ke topik tentang apa itu interval nada. 

Jadi Jarak nada yang dimaksud di sini adalah jarak antar nada satu ke nada yang lain. Misalnya jarak dari nada "do" ke nada "mi". Nah untuk memahami berapa jaraknya marilah kita memahami dahulu jarak nada secara dasar.

Jarak Antar Nada Yang Dipakai Dalam Teori Musik

Setelah kita memahami tentang interval nada itu apa, maka selanjutnya kita juga akan berkenalan dengan jarak antar nada yang dipakai dalam teori musik. Ada dua jarak antar nada dalam teori musik, pemahaman ini saya pakai istilah "rumus". 

Dua rumus masing-masing adalah 

1. Jarak untuk tangganada mayor

Jarak untuk tangganada mayor dalam teori musik dasar adalah {1-1-1/2-1-1-1-1/2}. Rumus ini berlaku untuk semua tengganada mayor.

2. Jarak untuk tangganada minor

Jarak untuk tangganada minor dalam teori musik dasar adalah {1-1/2-1-1-1/2-1-1}. Rumus ini berlaku untuk semua tangganada minor aseli.

Selanjutnya untuk jarak "singkat" dan dasar ada delapan penamaan yaitu:
  • do ke do disebut prime
  • do ke re disebut second
  • do ke mi disebut ters
  • do ke fa disebut kwart
  • do ke sol disebut kwint
  • do ke la disebut sekt
  • do ke si disebut septim
  • do ke do (atas) disebut oktaf

Kapan Harus Menggunakan Kedua Jarak Nada Tersebut

Kedua (tangganada mayor dan tangganada minor) jarak nada pada penjelasan di atas biasanya digunakan untuk melacak secara dasar dan tersendiri. Maksudnya adalah jarak yang dipakai adalah untuk teori musik dasar dan awal adalah hanya melibatkan jarak dua nada saja. Seperti contoh yang telah diuraikan di atas, maka jarak nada ini menghasilkan simbol-simbol tertentu.

Simbol Yang Dipakai Dalam Interval Nada

Dari delapan penamaan jarak nada tersebut, ada juga simbol yang mengiringinya. Simbol tersebut adalah:
  • M untuk Mayor
  • m untuk minor
  • P untuk perfect
  • Aug untuk augmented
  • dim untuk diminished
Kelima simbol tersebut peletakannya berada di depan nada (ada juga yang beada di belakang nada). 

Cara Menghitung Dan Menentukan Interval Nada Hanya Dengan Menggunakan Rumus

Setelah kita mengenal dan memahami secara dasar tentang apa itu interval nada, rumusnya, simbolnya dan penamaannya, sekarang kita langsung menuju aplikasi cara menghitung dan menentukan interval nada. 

Untuk melakukan perhitungan ini saya sudah membuatkan "rumus" khusus agar mudah dalam proses perhitungannya. 

rumus interval nada
Rumus Interval Nada

Rumus di atas merupakan dasar dalam teori musik yang berguna untuk menentukan nama intervalnya. Cara sederhana dalam menghitungnya kembali saya buat dalam bentuk tabel. 

simbol interval nada
Simbol Interval Nada

Rumus di atas merupakan dasar perhitungan jarak yang hanya melibatkan simbol Mayor dan Perfect. 

Untuk Lebih Memudahlan aplikasinya bisa dilihat pada video berikut:

Demikianlah artikel sederhana mengenai teori musik untuk pemula dengan materi mengenal interval nada. Apabila ada pertanyaa. bisa di tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Rahayu.

Sumber

Fillamenta,N.2015.Dasar Teori Musik: Unrtuk Pelajar, Mahasiswa dan Guru Pendidikan Seni.Palembang:Harapan Jaya




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url