Sejarah Aliran Musik Pop

 

Sejarah Musik Pop

Musik pop adalah genre musik yang unik pada tahun 1950-an karena rock'n'roll menjadi lebih populer, begitu pula musik pop. musik pop adalah genre yang tidak dimaksudkan untuk dibatasi oleh satu gaya dan seorang pria bernama Mitch Miller  membawa seniman untuk bereksperimen dengan suara yang berbeda pada tahun 1960-an. 

Musik pop sama mainstreamnya dengan musik awal rock and roll dan memiliki contoh yang bagus dari artis terkenal. Sementara The Beatles adalah grup rock and roll Inggris banyak eksperimen musik, dan mereka juga dianggap musik pop

Raja Rock And Roll

Elvis Presley raja rock and roll memiliki banyak contoh musik seperti Hound Dog yang dapat dianggap musik pop juga contoh awal lainnya termasuk Elton John and the Jackson 5 yang akan merilis single hit yang juga bereksperimen dengan suara yang berbeda seperti menambahkan instrumen listrik atau memasukkan genre musik yang berbeda Pada tahun 1970-an dengan lebih banyak instrumen listrik yang ditemukan dan digunakan. 

Musik pop mulai berkembang menjadi gaya yang berbeda dengan menggunakan jazz bass listrik dan artis musik soul seperti James Brown mampu menciptakan musik funk gaya lain dari musik pop yang melanda bangsa.

Disko Dengan Elemen Jazz

Pada pertengahan hingga akhir 70-an adalah disko dengan mengambil elemen jazz dan menggunakan instrumen listrik seperti disko synthesizer adalah gaya musik klub yang populer yang secara singkat menyalip Amerika sebagai gaya musik paling populer di tahun 1980-an. 

Musik pop menjadi lebih formula ketika Prince merilis album For You Prince yang dicampur dalam elemen rock funk dan gaya lain bersama-sama untuk memberikan musik pop gaya baru dan suaranya. 

Musik pop menjadi lebih sukses ketika album Thriller Michael Jackson yang merupakan salah satu album terlaris sepanjang masa. 

Dan pada perkembangannya lagu-lagu pop lebih banyak wanita yang terlibat dalam industri musik pop dan artis seperti cher, Bono dan Madonna 

Dari Madonna Sampai auto-tune

Album Madona yang bertajuk: Madonna's like a virgin a memberikan suara pada pemberdayaan wanita modern dan dia menjadi musisi wanita paling sukses pada 1980-an dan pertengahan 90-an. Melihat kebangkitan musik pop komersial -
musik pop komersial adalah semua tentang penjualan album dan lebih sedikit tentang musik

ini dimulai dengan keberhasilan Backstreet Boys dan Spice Girls. Group Spice Girls adalah suara kekuatan gadis dan dengan balutan formasi seperti Backstreet Boys, namun boyband mulai muncul,di mana label akan mencoba merekrut beberapa talent besar berikutnya seperti di Sync atau 98°. 

Hal ini akhirnya menimbulkan kontroversi dengan industri pop wanita. Di akhir 90-an Britney Spears dan Christina Aguilera menjadi sebuah  Hits Smash di pasar pop wanita solo. 

Keadaan ini menyebabkan banyak artis pop wanita dipilih berdasarkan penampilan mereka dan lebih sedikit tentang bakat mereka.

Faktanya bahwa mereka bisa bernyanyi karena mereka bisa menggunakan perangkat yang disebut auto-tune 

auto-tune adalah perangkat yang secara otomatis mengoreksi nyanyian

Munculnya Artis Dari Ajang Pencarian Bakat

Karena ada begitu banyak penyanyi pop wanita, pasar menjadi terlalu jenuh dan musik pop mulai kehilangan popularitas. Memasuki milenium baru di tahun 2000-an musik pop melihat kebangkitan ini dipicu oleh reality show seperti American Idol. 

Kelly Clarkson adalah pemenang American Idol pertama. Kesuksesannya menyebabkan munculnya reality show kompetisi lainnya seperti The X Factor dan musik pop The Voice juga digabungkan dengan musik rock dan rap yang menciptakan lebih banyak variasi dalam genre.

Lady Gaga dan Katy Perry

Seiring berjalannya waktu banyak hal berubah pada tahun 2008 dengan hadirnya Lady gaga dengan lagu-lagunya tentang pemberdayaan diri dan kostum over-the-top nya membentuk kembali industri musik pop. 

Setahun kemudian Katy Perry menandatangani kontrak dengan gayanya bersama dengan musik pop lembut Lady Gaga yang dihidupkan kembali sebagai satu kehormatan.sebuah industri musik pop.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url