PSIKOLOGI TRANSPERSONAL: Pengertian, Sejarah Dan 5 Tokohnya

PSIKOLOGI TRANSPERSONAL

Pengertian Psikologi Transpersonal

Psikologi transpersonal adalah cabang psikologi yang berfokus pada studi tentang pengalaman spiritual dan transenden serta dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis individu. Psikologi transpersonal menggabungkan teori-teori psikologi tradisional dengan tradisi spiritual dan mistik dari seluruh dunia.

Sejarah Psikologi Transpersonal

Psikologi transpersonal muncul pada tahun 1960-an dan 1970-an sebagai respons terhadap keterbatasan psikologi tradisional dalam menangani aspek spiritual dan eksistensial dari pengalaman manusia. Salah satu tokoh kunci dalam perkembangan psikologi transpersonal adalah Abraham Maslow, yang mengajukan hierarki kebutuhan yang mencakup aktualisasi diri dan transendensi sebagai motivasi manusia yang mendasar.

Tokoh Utama Psikologi Transpersonal

Tokoh penting lainnya dalam sejarah psikologi transpersonal adalah Stanislav Grof, yang mengembangkan suatu bentuk terapi yang dikenal sebagai Holotropic Breathwork yang melibatkan perubahan kondisi kesadaran yang diakibatkan oleh pernapasan dalam dan musik. Karya Grof sangat berpengaruh dalam studi tentang kondisi kesadaran yang tidak biasa dan potensi terapeutiknya.

2 Tokoh Lainnya

Psikologi Transpersonal: Carl Jung
Carl Gustav Jung

Tokoh-tokoh penting lainnya di bidang psikologi transpersonal termasuk Carl Jung, yang mengeksplorasi ketidaksadaran kolektif dan simbol-simbol arketipe, dan Ken Wilber, yang telah mengintegrasikan tradisi spiritual Timur dan Barat ke dalam teori kesadaran dan evolusi yang komprehensif.

Penutup

Secara keseluruhan, psikologi transpersonal berusaha mengintegrasikan pengalaman spiritual dan mistik ke dalam pemahaman yang lebih luas tentang psikologi dan kesadaran manusia. Psikologi transpersonal menekankan pentingnya pertumbuhan pribadi, penemuan diri, dan kebangkitan spiritual dalam mencapai kesehatan mental dan kesejahteraan.

Sumber

Harris L Friedman, Glenn Hartelius.2015.The Wiley-Blackwell Handbook of Transpersonal Psychology Reprint Edition

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url