Cara Membuat Daftar Pustaka Untuk Skripsi Dengan 7 Langkah Mudah dan Cepat!

cara membuat daftar pustaka


Cara membuat daftar pustaka khususnya untuk skripsi sebenarnya hampir sama di setiap perguruan tinggi. Masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir ketika menulis bagian daftar pustaka terkadang masih bingung agaimana caranya. Pada tulisan kali ini tutoriology akan menjelaskan  cara membuat daftar pustaka untuk skripsi dengan 7 langkah mudah dan  cepat.

1. Kumpulkan Semua Sumber Referensi yang Anda gunakan dalam Penelitian Anda

Sebelum membuat sebuah karya tulis ilmiah atau dalam hal ini adalah skripsi, tentunya anda sebagai mahasiswa sudah mempersiapkan bekal untuk mengisi data-data secara empiris sera literatur yang relevan dengan judul serta tuuan skripsi anda. Bekal tersebut sebisa mungkin disimpan dengan rapi dan relevan, yaitu seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan sumber online lainnya.

2. Susun Daftar Pustaka secara Alfabetis berdasarkan Nama Belakang penulis. 

Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyusun bekal tersebut sesuai alfabet atau abjad. Perlu diperhatikan bahwa dalam menyususn alfabetis atau abjad harus dilihat susunan nama setiap pegarang ( baik dari buku, jurnal ilmiah maupun artikel) disusun dari nama belakang baru diikuti nama depan, Contoh mialnya nama pengarangnya "Novdaly Fillamenta", maka penulisannya menjadi "Fillamenta, Novdaly". Jika tidak ada penulis, maka gunakan judul sebagai pengganti.

3. Untuk setiap sumber, tuliskan nama penulis, tahun terbit, judul artikel atau buku, nama jurnal atau penerbit,  dan nomor halaman (jika ada).

Langkah selanjutnya adalah penyusunan satu sumber dari bekal yang anda pakai. Apabila anda memakai buku karya Novdaly Fillamenta yang berjudul Metode Penelitian Seni. Buku tersebuat bisa anda lihat pada halaman samping atau halaman kedua tentang judul, tahun sampai penerbitnya. Contohnya ebagai berikut "Fillamenta, Novdaly. 2023. Metode Penelitian Seni. Yogyakarta: Sapu Lidi"

4. Pastikan untuk menggunakan format penulisan yang sesuai dengan gaya penulisan yang ditentukan oleh lembaga atau dosen pembimbing Anda. 

Contoh format penulisan yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Language Association). Pada contoh langkah 3 adalah format penulisan APA

5. Jika Anda menggunakan sumber online, sertakan juga URL atau DOI (Digital Object Identifier) ​​untuk memudahkan akses.

Selanjutnya apabila anda memakai jurnal ilmiah maka harus disertakan bukti kuat alias bukan asall tulis mengambil dari daftar pustaka orang lain. Biasanya penulisan jurnal ilmiah ini memakai aplikasi Mendeley dengan tujuan supaya jurnal yang dipakai dari hasil unduhan alamat jurnalnya terdeteksi.

6. Periksa kembali daftar pustaka Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau pengutipan yang terlewat.

Setelah semua dibuat dan disusun, maka langkah selanjutnya anda harus melihat ulang kembali supaya tidak terjadi kesalahan dalam penulisannya.

7. Letakkan daftar pustaka di akhir skripsi Anda, setelah bagian penutup atau daftar lampiran (jika ada).

Langkah terakhir adalah memposisikan kumpulan lbekal dari iteratur yang sudah anda susun dengan rapi dan sesuai format penulisan di tempat anda. Pastikan untuk selalu mengacu pada panduan penulisan yang diberikan oleh lembaga atau dosen pembimbing Anda untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan penulisan yang berlaku.

Demikianlah Cara membuat daftar pustaka untuk skripsi dengan 7 langkah mudah dan cepat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber

  1. Fillamenta, Novdaly.2019.Metode Penelitian Kesehatan:Sebuah Pengantar.Yogyakarta: Sapu lidi
  2. Fillamenta, Novdaly.2023.Metode Penelitian Seni.Yogyakarta: Sapu lidi
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url