Konsep Dasar Biostatistik Pertemuan Pertama

Pada pertemuan pertama ini kita akan mengenal dan mempelajari secara umum mengenai Biostatistik. Berawal dari pengertian secara dasar sampai apa yang akan kita pelajari selama satu semester.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Sebelum menjurus dan fokus ke biostatistik, kita akan sedikit mengenal dan memahami apa itu statistik. Kalau kita lihat di beberapa literatur sangat banyak sekali pengertian statistik. Pada tulisan ini saya coba memberikan pengertian statistik menurut 3 (tiga) ahli.

1. Anderson dan Bancroft

Menurut Anderson dan Bancorft, statistik adalah cabang ilmu yang juga merupakan seni dari pengembangan dengan menggunakan metode paling efektif melalui pengumpulan, intepretasi, serta tabulasi data (kuantitatif) yang dibuat secara terperinci oleh peneliti.

2. Sudjana

Menurut Sudjana Statistik adalah pengetahuan mengenai pengumpulan data, analisa data sampai penarikan kesimpulan yang dikumpulkan beserta analisa yang sudah dilakukan peneliti.

3. Steel dan Torrie

Menurut Steel dan Torrie statistik adalah sebuah metode yang menjelaskan cara untuk melakukan penilaian ketidakteraturan terhadap penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Secara umum "BIO" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kehidupan dan dapat juga berarti organisme yang hidup. Setelah kita memahami secara sederhana mengenai statistik maka secara umum dapat kita tarik kesimpulan bahwa

Yuk cek tips budidaya hewan atau tumbuhan disini: Zonabudidaya.com

BIOSTATISTIK adalah ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan, analisa dan kesimpulan dari data-data yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Fungsi Biostatistik

  • Untuk mengontrol dan meramal populasi maupun keseluruhan data didasarkan pada peristiwa dan gejala yang terjadi selama penelitian berlangsung. (Inferensial)
  • Peranan statietik dalam memahami, menerangkan serta mendeskripsikan sebuah peristiwa maupun dari data-data yang sudah dikumpulkan pada suatu penelitian. (Deskriptif)

Manfaat Biostatistik

  • Bagi ilmu pengetahuan statistik adalah sebagai bentuk dari alat analisis sekaligus interpretasi terhadap data-data kuantitatifyang ada pada ilmu pengetahuan.
  • Bagi peneliti (ilmiah), statistik sebagai penyedia alat untuk menerangkan kembali semua bentuk keterangan yang sebelumnya tersembunyi dalam serangkaian angka.
  • Bagi kehidupan sehari-hari, statistik dapat bermanfaat sebagai keterangan dan bahan dari berbagai hal yang bisa diolah kemudian ditafsirkan dari berbagai fakta yang sudah ditemukan.

Demikianlah sekilas mengenai Biostatistik secara umum. Untuk dapat membaca lebih lengkap secara umum dan lengkap dapat di unduh di sini.

Untuk Absensi bisa menuju tautan di sini

Sumber

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Unknown
    Unknown 7 Maret 2021 23.10

    Terima kasih pak

    • fillamenta
      fillamenta 7 Maret 2021 23.31

      sama-sama, sukses selalu ya.. rahayu.. 🙏🙏

Add Comment
comment url