Psikologi Kesehatan: Teori Dasar Perilaku Kesehatan

6 Teori Dasar Perilaku Manusia

Dalam dunia Psikologi Kesehatan salah satu hal yang mendasar adalah mengenai Teori Dasar Perilaku Kesehatan. Ada 6 teori dasar perilaku kesehatan (Models of Health Behaviour) yang utama yaitu: (1) Health Belief Models (HBM); (2) Protection Motivation Theory; (3) Leventhal's Self Regulatory Model; (4) Theory of Planned Behaviour (TPB); (5) Schwaser's Helath Action Process Approach (HAPA); (6) Transtheoretical Model.

1. Health Belief Model (HBM)

Secara umum Health Belief  Model (HBM) adalahsebuah model kepercayaan akan suatu kesehatan dari individu dalam menentukan atau tidak melakukan sikap terkait dengan kesehatan. Ada beberapa aspek pembentuk dari Health Belief Model (HBM), yaitu:

a. Perceived Susceptibility atau Kerentanan yang dirasakan

Aspek ini adalah keyakinan individu mengenai kerentanan dirinya sendiri atas resiko penyakit dalam mendorong orang untuk mengadopsi perilaku yang lebih sehat.

b. Perceived Severity atau Kesakitan yang dirasakan

Aspek ini adalah keyakinan individu akan keparahan suatu penyakit dengan dilandasi oleh persepsi keparahan terhadap penyakit yang sering dirasakan dan didasarkan pada sebuah informasi yang masih kabur.

c. Perceived  Barriers atau Hambatan yang dirasakan

Aspek ini adalah aspek negative pada diri individu yang menghalangi individu untuk berperilaku sehat, atau dengan kata lain adalah hambatan yang dirasakan untuk berubah.

d. Perceived Benefit atau manfaat perilaku

Aspek ini adalah keyakinan terhadap manfaat yang dirasakan oleh individu jika melakukan perilaku sehat. Hal ini membantu menurunkan resiko terkena penyakit.

e. Self Efficasy atau efikasi diri

Aspek ini adalah kepercayaan pada diri sendiri dengan kemampuan untuk melakukan sesuatu.

2. Protection Motivation Theory (PMT)

Protection Motivation Theory (PMT) adalah merupakan sebuah teori perilaku yang berfungsi untuk mengembangkan intervensi guna mengurangi ancaman pada individu dengan sebuah pendekatan penelitian dan mengintegrasikan konsep psikologis, sosiologis, dan bidang-bidang lainnya yang terkait.

3. Leventhal's Self Regulatory Model


Leventhal menyatakan bahwa Self Regulation Model pada penyakit ada dua proses regulasi yang berjalan secara paralel yang aktif yaitu, interpretasi objektif dan subjektif, dan kognisi dari ancaman emosi. Adanya stimulus kesehatan seperti informasi mengenai kesehatan tentang penyakit tertentu akan memunculkan respon emosional bagi penderita dan akhirnya akan meningkatkan kesadaran akan penyakit tersebut.

4. Theory of Planned Bevaviour

Teori ini secara dasar mempunyai pondasi terhadap apa yang dinamakan "perspektif kepercayaan" yang dapat mempengaruhi individu untuk melakukan tingkah laku yang lebih spesifik. Selanjutnya, teori ini juga menjelaskan bahwa sikap terhadap perilaku merupakan sesuatu hal yang penting yang sanggup melacak suatu perbuatan, tetapi hal tersebut memerlukan pertimbangan sikap individu dalam menguji norma subjektif dan mengukur kontrol perilaku persepsi individu itu sendiri.

5. Health Action Process Approach (HAPA)

Pada dasar dan intinya Health Action Process Approach (HAPA) merupakan suatu konsep pendekatan yang berguna untuk merubah perilaku seseorang dengan menggunakan cara meningkatkan niat menjadi sebuah action.

6. Transtheoretical Model

Secara mendasar, model ini merupakan tehapan perubahan perilaku individu. Tahapan perubahan individu ada 6 yaitu:

1) Tahap Precontemplation

Pada tahapan pertama ini individu belum mempunyai keinginan untuk melakukan perubahan, serta sebagian besar tidak memiliki kepedulian dan atau tidak sadar bahwa perilaku individu tersebut merupakan sebuah masalah.

2) Tahap Contemplation

Tahapan ini individu mulai mengetahui atau menyadari bahwa perilaku yang dimiliki individu tersebut adalah sebuah masalah dan bisa memprediksi untung dan rugi yang bisa hadir jika individu tetap berperilaku tersebut.

3) Tahap Preparation

Tahap ini berada di posisi individu  mulai memiliki keinginan untuk melakukan perubahan perilaku yang dimulai dari sesuatu yang kecil.

4) Tahap Action

Selanjutnya setelah menyadari dan berkeinginan melakukan perubahan, individu tersebut di tahap ini mulai melakukan perubahan yang lebih spesifik dan memodifikasi gaya hidupnya untuk menuju perubahan yang lebih baik.

5) Tahap Maintenance

Mempertahankan perilaku positif yang dilakukan individu terlaksana pada tahapan ini.

6) Tahap Termination

Pada tahap terakhir dari Transtheoretical Model individu berada pada keadaan keyakinan seratus persen untuk tidak akan kembali pada perilaku buruk.

Demikianlah Teori Dasar Perilaku Kesehatan secara umum. Apabila ada pertanyaan silahkan untuk menulis di kolom komen di bawah tulisan ini. Terimakasih sebelum dan sesudahnya. Rahayu... 

Sumber

Fillamenta,N. 2015. Psikologi Kesehatan Sebuah Pengantar. Palembang: Sapu Lidi

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Inayah dwinov
    Inayah dwinov 21 Maret 2022 10.47

    Dasar perilaku kesehatan mempunyai 6 teori seperti penjelasan di atas dan 6 tahapan perubahan individual
    Nama : Inayah dwinov ( kelas A)

  • Unknown
    Unknown 24 Maret 2022 23.20

    Nama : fingki putri (2121011)
    Kelas : A
    dari ke 6 teori tersebut saya menyimpulkan bahwasanya Perilaku kesehatan adalah suatu repson seseorang terhadap stimulus mengenai kesehatan sakit dan penyakit. Intinya Teori diatas menjelaskan tingkah laku manusia terjadi melalui rangsangan berdasarkan (stimulus) yang menimbulkan hubungan perilaku (respons) sehingga menyebabkan individu tersebut memilih antara pola sehat yang lebih baik atau sebaliknya.

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 08.22

    Nama : Nova Yulianto
    NIM : 2121070
    Prodi : D III RMIK

    6 Teori Dasar Perilaku Manusia
    1. Health Belief Model (HBM)
    Adalah sebuah model kepercayaan akan suatu kesehatan dari individu dalam menentukan atau tidak melakukan sikap terkait dengan kesehatan.
    Ada beberapa aspek pembentuk dari Health Belief Model (HBM), yaitu
    a. Perceived Susceptibility atau Kerentanan yang dirasakan
    b. Perceived Severity atau Kesakitan yang dirasakan
    c. Perceived  Barriers atau Hambatan yang dirasakan
    d. Perceived Benefit atau manfaat perilaku
    e. Self Efficasy atau efikasi diri
    2. Protection Motivation Theory (PMT)
    Adalah merupakan sebuah teori perilaku yang berfungsi untuk mengembangkan intervensi guna mengurangi ancaman pada diri sendiri.
    3. Leventhal's Self Regulatory Model
    Leventhal menyatakan bahwa Self Regulation Model pada penyakit ada dua proses regulasi yang berjalan secara paralel yang aktif yaitu, interpretasi objektif dan subjektif, dan kognisi dari ancaman emosi.
    4. Theory of Planned Bevaviour
    Teori ini seca…

  • Anonim
    Anonim 29 Maret 2022 10.58

    Nama : Fahira Nadzla Arda (ARS)
    Review :
    Tedapat 6 teori dasar perilaku manusia, yaitu :
    1. Health Belief Models (HBM)
    2. Protection Motivation Theory
    3. Leventhal's Self Regulatory Model
    4. Theory of Planned Behaviour (TPB)
    5. Schwaser's Health Action Process Approach (HAPA)
    6. Transtheoretical Model

Add Comment
comment url