PERILAKU (bagian 1)

perilaku


Pengertian Perilaku

Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya.

Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar.

Menurut Skinner, perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar. Oleh karena perilaku ini terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespons, maka teori Skinner ini disebut teori “S-O-R” atau Stimulus – Organisme – Respon.

Dilihat dari bentuk respon terhadap stimulus ini, maka perilaku dapat dibedakan menjadi dua::

1. Perilaku tertutup (convert behavior)

Perilaku tertutup adalah respon seseorang terhadap stimulus dalam bentuk terselubung atau tertutup (convert). Respon atau reaksi terhadap stimulus ini masih terbatas pada perhatian, persepsi, pengetahuan, kesadaran, dan sikap yang terjadi pada orang yang menerima stimulus tersebut, dan belum dapat diamati secara jelas oleh orang lain.

2. Perilaku terbuka (overt behavior)

Respon seseorang terhadap stimulus dalam bentuk tindakan nyata atau terbuka. Respon terhadap stimulus tersebut sudah jelas dalam bentuk tindakan atau praktek, yang dengan mudah dapat diamati atau dilihat oleh orang lain.

PROSES TERBENTUKNYA PERILAKU MENURUT PARA AHLI

1). B.F.Skiner

skinner

Skinner menyatakan bahwa belajar merupakan  “Tingkah laku sebagai hubungan antara perangsang (S) dan respon (R)” yang terkenal dengan teorinya yaitu Operant Conditioning Theory.  

Ada dua macam respon dalam kegiatan belajar:

  1. Respondent response (reflexive respons), bersifat spontan atau dilakukan secara reflek, diluar kemampuan seseorang. Dalam situasi yang demikiasn seseorang cukup belajar dengan stimulus yang diberikan dan ia akan memberikan respons yang  sepadan  dengan  stimuli yang datang. 
  2. Operant Response (Instrumental Response), respon yang timbul dan berkembangnya dikuti oleh perangsan-perangsang tertentu. Perangsang yang demikian disebut dengan reinforcing stimuli atau reinforcer, karena perangsang ini memperkuan respons yang telah dilakukan oleh organisme.

Prosedur pembentukan tingkah laku dalam operant response secara sederhana adalah sebagai berikut :

Mengidentifikasi hal-hal apa yang merupakan reinforcer bagi tingkah laku yang akan dibentuk. Menganalisa, dan selanjutnya mengidentifikasi komponen-komponen itu lalu disusun dalam urutan yang tepat untuk menuju kepada terbentuknya tingkah laku yang dimaksud.

Berdasarkan urutan komponen-komponen itu sebagai tujuan sementara, mengidentifikasi reinforcer untuk masing-masing komponen-komponen itu. Melakukan pembentukan tingkah laku, dengan mengunakan urutan yang telah disusun.

Kalau komponen pertama telah dilakukan, maka hadiahnya (reinforcer) diberikan. Kemudian komponen kedua, jika yang pertama sudah terbentuk, yang kemudian diberi hadiah pula (komponen pertama tidak memerlukan hadiah lagi)

2) Ivan Pavlov

Pavlov

Dalam teorinya Pavlov menyatakan bahwa gerakan refleks itu dapat dipelajari dan dapat berubah dengan melakukan latihan. Refleks dibagi menjadi dua bagian, yaitu refleks wajar (unconditioned reflex) dan refleks bersyarat (conditioned reflex).

Refleks wajar, refleks yang terjadi dengan sendirinya saat diberikan rangsang, sedangkan refleks bersyarat adalah refleks yang harus dipelajari. Menurut teori conditioning, belajar adalah suatu proses perubahan yang terjadi karena adanya syarat-syarat (conditions), dapat berupa latihan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menimbulkan reaksi (response).

Kelemahannya adalah menganggap bahwa belajar adalah hanyalah terjadi secara otomatis dan lebih menonjolkan peranan latihan-latihan, dimana keaktifan dan pribadi seseorang tidak dihiraukan.

3) Guthrie
Guthrie

Teori yang dikemukakan oleh Guthrie adalah teori conditioning yang menitikberatkan pada cara-cara atau upaya tertentu untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik menjadi kebiasaan yang baik.

Menurut Guthrie tingkah laku manusia itu adalah merupakan deretan-deretan tingkah laku yang terdiri dari unit-unit. Unit-unit tingkah laku ini merupakan respons atas rangsangan ang terjadi sebelumnya dan menjadi rangsang berikutnya.

Beberapa metode yang disarankan Guthrie untuk mengubah tingkah laku atau kebiasaan-kebiasaan adalah:

  • Metode Reaksi Berlawanan (Incompatible Response Method).  Dasar pemikiran metode reaksi berlawanan adalah bahwa manusia adalah merupakan organisme yang selalu bereaksi terhadap rangsang-rangsang.
  • Metode Membosankan (Exhaustion Method) Hubungan asosiasi antara rangsang dengan reaksi pada tingkah laku yang buruk dibiarkan sampai kemudian menjadi bosan atas keburukannya.
  • Metode Mengubah Lingkungan (Change of Enviromental Method) Adalah cara yang digunakan dengan memutuskan hubungan rangsang antara rangsang dengan respons yang buruk yang akan dihilangkan.

4)  E.L.Thorndike

Thorndike

Thorndike menyatakana ada 2 prinsip belajar, yaitu law of effect dan law of exercise, yang terangkum dalam teorinya yaitu The Connectionism Theory.

  1. Law of Effect Adalah prinsip yang menyatakan bahwa seseorang dapat dengan cepat menguasai perilaku baru, apabila ia merasa memperoleh susuatu yang menyenangkan, memuaskan ketika melakukan perbuatan (response) yang berkenaan dengan perilaku tersebut di atas.  
  2. Law of Exercise Adalah prinsip yang menyatakan bahwa makin sering perilaku baru itu dipraktekkan atau dilatih penerapannya makin kuat dan makin cepat berintegrasi dengan keseluruhan perilaku kebiasaannya.

5) Clark Leonard Hull

Clark L Hull

Dalam teorinya ia mengatakan bahwa suatu kebutuhan harus ada pada diri seseorang yang sedang belajar, kebutuhan itu dapat berupa motif, maksud, ambisi, atau aspirasi. Dalam hal ini efisiensi belajar tergantung pada besarnya tingkat pengurangan dan kepuasan motif yang menyebabkan timbulnya usaha belajar individu.

Prinsip penguat (reinforcer) menggunakan seluruh situasi yang memotivasi, mulai dari dorongan biologis yang merupakan kebutuhan utama seseorang sampai pada hasil-hasil yang memberikan ganjaran bagi seseorang. Jadi pada diri seseorang harus ada motif sebelum belajar terjadi atau dilakukan.

6) Jean Piaget

Piaget

Piaget mengemukakan aspek-aspek perkembangan intelektual anak sebagai berikut:  

Aspek struktur

Ada hubungan fungsional antara tindakan fisik, tindakan mental, dan perkembangan berpikir logis anak-anak. Tindakan-tindakan menuju perkembangan operasi-operasi dan selanjutnya menuju pada perkembangan struktur-struktur. Struktur yang juga disebut skemata atau juga biasa disebut dengan konsep, merupakan organisasi mental tingkat tinggi.

Aspek isi

Isi maksudnya adalah pola perilaku anak khas yang tercermin pada respons yang diberikannya terhadap berbagai masalah atau situasi yang dihadapinya.

Aspek fungsi

Fungsi adalah cara yang digunakan organisme untuk membuat kemajuan intelektual. Perkembangan intelektual didasarkan pada dua fungsi yaitu organisasi dan adaptasi.

7) Jerome S Bruner

Bruner

Bruner menyatakan bahwa inti belajar adalah bagaimana orang memilih, mempertahankan, dan mentransformasikan informasi secara aktif. Menurut Bruner selama kegiatan belajar berlangsung hendakanya siswa dibiarkan untuk menemukan sendiri (discovery learning) makna segala sesuatu yang dipelajari. 

Dalam hal ini siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berperan dalam memecahkan masalah. Dengan cara tersebut diharapkan mereka mampu memahami konsep-konsep dalam bahasa mereka sendiri.

8) Robert M Gagne

Bruner

Gagne mengemukakan ada lima kemampuan hasil belajar yaitu tiga bersifat kognitif, satu bersifat afektif, dan satu bersifat psikomotorik. Kemampuan itu adalah:

a) Kemampuan/ keterampilan intelektual

Mampu menggunakan hal yang kompleks dalam suatu situasi baru dimana diberikan sedikit bimbingan dalam memilih dan menerapkan aturan-aturan dan konsep-konsep yang telah dipelajarinya sebelumnya. Kemampuan yang berhubungan dengan sikap atau mungkin sekumpulan sikap yang dapat ditunjukkan oleh perilaku yang mencerminkan pilihan tindakan terhadap kegiatan-kegiatan IPA.

b) Kemampuan informasi verbal  

Keterampilan motorik Bertolak dari model belajarnya, Gagne mengemukakan delapan fase dalam satu tindakan belajar (learning act). Fase-fase itu merupakan kejadian-kejadian eksternal yang dapat distruktur oleh siswa (yang belajar) atau guru.

Fase-fase tersebut adalah:

  • Fase motivasi Dimotivasi untuk belajar bahwa belajar akan memperoleh hadiah; 
  • Fase pengenalan Memberikan perhatian pada bagian yang esensial dari suatu kejadian instruksional; 
  • Fase perolehan Jika sudah mendapatkan informasi yang relevan, maka telah siap untukmenerima pelajaran; 
  • Fase retensi Informasi harus dipindahkan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang; 
  • Fase pemanggilan Memperoleh hubungan antara informasi yang telah kita pelajari dengan informasi yang telah dipelajari sebelumnya 
  • Fase generalisasi. Proses transfer informasi pada situasi-situasi baru; 
  • Fase penampilan Siswa harus memperlihatkan bahwa mereka telah belajar sesuatu melalui penampilan yang tampak 
  • Fase umpan balik Siswa memperoleh umpan balik dari penampilan mereka

9) David Ausubel  

Ausubel

Ausubel mengemukakan teori belajar yaitu teori belajar bermakna. Belajar dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi, yaitu: 

  1. Dimensi yang  berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
  2. Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada. 

Struktur kognitif adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa.

Dalam implementasinya, teori ini terdiri dari dua fase, aitu mula-mula ia menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan diberikan sebelum kegiatan berlangsung dan dalam tingkat abstraksi. Fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.


bersambung ke PERILAKU (bagian 2)

Sumber

Fillamenta,N. 2015. PSIKOLOGI KESEHATAN: Sebuah Pengantar. Palembang:Sapu Lidi

Next Post Previous Post
67 Comments
  • Inayah dwinov
    Inayah dwinov 28 Maret 2022 pukul 09.09

    Inayah dwinov 2121013
    Kelas A

  • Riski ayudiah
    Riski ayudiah 28 Maret 2022 pukul 09.09

    Nama : Riski Ayudiah
    Kelas : B
    Nim : 2121043

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.09

    Nama:Rizki Novita Dewi
    Nim:2121045
    Kelas:B RMIK

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Nama : Nova Yulianto
    Kelas : B
    NIM : 2121070

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Nama: Wiliya
    Kelas: RMIK B

  • Putri Ayu Maharani
    Putri Ayu Maharani 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Nama : Putri Ayu Maharani
    Nim : 2121037
    Kelas : RMIK B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Nama : Anisa widyanti
    Kelas : B
    Nim : 2121067
    Hadir pak

  • Suna wiyani
    Suna wiyani 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.10

    Nama:Putri nurhalizah
    Kelas:B
    Nim:2121038

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.11

    Nama : Widiya
    Nim : 2121060
    Kelas : B

  • Rafifah abharina
    Rafifah abharina 28 Maret 2022 pukul 09.11

    RAFIFAH ABHARINA
    RMIK B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.11

    Nama:Siti sinila wati
    Kelas:B
    Nim:2121055

  • Rizky Amelia Putri
    Rizky Amelia Putri 28 Maret 2022 pukul 09.11

    Nama : Rizky Amelia Putri
    Kelas : B
    NIM : 2121046

  • Suna wiyani
    Suna wiyani 28 Maret 2022 pukul 09.12

    Nama : SUNA WIYANI
    kelas : B
    Nim : 2121056

  • Tiara Sekar Andini
    Tiara Sekar Andini 28 Maret 2022 pukul 09.12

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  • Tiara Sekar Andini
    Tiara Sekar Andini 28 Maret 2022 pukul 09.12

    Tiara Sekar Andini
    Nim 2121059
    Kelas B

  • Salsabila Putri
    Salsabila Putri 28 Maret 2022 pukul 09.12

    Nama : Salsabila Putri Agmilana
    Nim : 2121048
    Kelas : RMIK B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.13

    Nama:Halim hidayatullah
    Nim:2121069
    Kelas:B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.14

    Putri Pebru Lestari (2121039)
    Kelas B Semester II

  • Kgs M Aditya A P
    Kgs M Aditya A P 28 Maret 2022 pukul 09.14

    NAMA : M Aditya
    Nim : 2121018
    Kelas : A

  • Tasya Niati
    Tasya Niati 28 Maret 2022 pukul 09.14

    Nama : Tasya Niati
    Nim : 2121058
    Kelas : RMIK B

  • Yolanda Aurellya
    Yolanda Aurellya 28 Maret 2022 pukul 09.14

    Nama : Yolanda Aurellya
    Kelas : RMIK B
    NIM : 2121063

  • Risma Destiana
    Risma Destiana 28 Maret 2022 pukul 09.14

    Nama: Risma Destiana
    NIM: 2121044
    Kelas: RMIK B

  • Talianovela
    Talianovela 28 Maret 2022 pukul 09.15

    Talia novelasari(2121057)
    Kelas : B

  • shofia
    shofia 28 Maret 2022 pukul 09.16

    Nama : shofia ulfa royani
    NIM : 2121051
    Kelas : B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.16

    Nama : Reza Maulydia
    NIM : 2121042
    Kelas :RMIK B Semester 2

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.18

    Nama :sisca Amelia
    Kelas : Rmik b
    Nim : 2121053

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.19

    Nama : Selvi Haryani
    Nim : 2121050
    Kelas: RMIK B Semester 2

  • Putri Zahara Zeva
    Putri Zahara Zeva 28 Maret 2022 pukul 09.19

    Nama : Putri Zahara Zeva
    Nim : 2121040
    Kelas : B

  • Sintia Ayu Puspita
    Sintia Ayu Puspita 28 Maret 2022 pukul 09.20

    Nama : Sintia Ayu Puspita
    Kelas : RMIK B
    Nim. : 2121052

  • Wita Windari
    Wita Windari 28 Maret 2022 pukul 09.23

    Nama : Wita Windari
    Kelas : RMIK B
    Nim : 2121062

  • POPI INDAH ANJELINA
    POPI INDAH ANJELINA 28 Maret 2022 pukul 09.24

    Nama : Popi indah anjelina
    Nim : 2121036
    Kelas : RMIK B Semester 2

  • Nuke Puja Nabila
    Nuke Puja Nabila 28 Maret 2022 pukul 09.26

    Nama : Nuke Puja Nabila
    Nim : 2121034
    Kelas : RMIK B

  • Anjelike permata
    Anjelike permata 28 Maret 2022 pukul 09.30

    Nama : Anjelike permata
    Nim : 2121035
    Kelas : B (RMIK)

  • Yulia anggraini
    Yulia anggraini 28 Maret 2022 pukul 09.33

    Nama : Yulia anggraini
    Nim : 2121064
    Kelas : RMIK B

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 09.46

    Nama : Siti Aisyah Veronika
    Kelas : B
    Nim : 2121054

  • Lediana anitalediana2020@gmail.com
    Lediana anitalediana2020@gmail.com 28 Maret 2022 pukul 10.14

    Nama : Anita lediana
    Kelas. : A
    Nim. : 2121004

  • Ananda Alika
    Ananda Alika 28 Maret 2022 pukul 10.15

    Nama : Ananda Alika
    Kelas : A
    Nim : 2121002

  • Dwi berliana
    Dwi berliana 28 Maret 2022 pukul 10.16

    Nama : Dwi berliana usman
    Nim : 2121009
    Prodi : RMIK
    Kelas : A
    Semester 2

  • Nita
    Nita 28 Maret 2022 pukul 10.17

    Nama : Anita K
    Kls : A
    Nim : 2121003

  • Nita
    Nita 28 Maret 2022 pukul 10.18

    Nama : Anita K
    Kls : A
    Nim : 2121003

  • Nalisa pramudhita
    Nalisa pramudhita 28 Maret 2022 pukul 10.18

    Nama:Nalisa pramudhita
    Kelas:B
    Nim :2121031

  • Muhammad salman alfayed
    Muhammad salman alfayed 28 Maret 2022 pukul 10.19

    Nama:Muhammad salman alfayed
    Kelas:A
    NIM:2121022

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 10.19

    Nama = M. TAUFIQ QURRAHMAN
    NIM = 2121023
    KELAS = A

  • Nadia Agustina
    Nadia Agustina 28 Maret 2022 pukul 10.22

    Nama : Nadia Agustina
    NIM : 2121030
    Kelas : A

  • Marissa Della Luanda
    Marissa Della Luanda 28 Maret 2022 pukul 10.23

    Nama: Marissa Della Luanda
    Nim: 21210024
    Kelas: A

  • Destrianika Fitri
    Destrianika Fitri 28 Maret 2022 pukul 10.25

    Nama: Destrianika Fitri
    Kelas:A
    Nim:2121008

  • Nabila Putri Syaharani
    Nabila Putri Syaharani 28 Maret 2022 pukul 10.30

    Nama : Nabila Putri Syaharani
    NIM : 2121029
    Kelas : RMIK A

  • Nandyta Roihana Putri
    Nandyta Roihana Putri 28 Maret 2022 pukul 10.31

    NANDYTA ROIHANA PUTRI
    NIM : 2121032
    KELAS : RMIK A

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 10.31

    Nama : Indah Lestari
    Kelas : A
    Nim : 2121014

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 10.33

    Nama : Ilma safirah
    Nim : 2121012
    kelas : A

  • Jihan Nur Agustin
    Jihan Nur Agustin 28 Maret 2022 pukul 10.33

    Nama : Jihan Nur Agustin
    Kelas : A
    Nim : 2121016

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 10.39

    Nama : Muhammad Harun Akbar
    Kelas : A
    Nim : 2121020

  • Metha Fransisca
    Metha Fransisca 28 Maret 2022 pukul 11.36

    Nama : Metha Fransisca
    NIM : 2121027 / Kelas A

  • Unknown
    Unknown 28 Maret 2022 pukul 12.55

    Nama: fingki putri
    Nim : 2121011
    Kelas : A (rmik)

  • Unknown
    Unknown 29 Maret 2022 pukul 10.59

    Nama :Fahira Nadzla Arda
    Nim : 2122004
    Kelas : ARS

  • Annisyah putri
    Annisyah putri 29 Maret 2022 pukul 11.06

    Nama : Annisyah putri
    Nim : 2122002
    Kelas : ARS

  • Anonim
    Anonim 29 Maret 2022 pukul 13.46

    Nama : Danu Darmawan
    Nim : 2122003
    Jurusan : administrasi rumah sakit

  • Unknown
    Unknown 29 Maret 2022 pukul 13.50

    Nama : Erwindo luhur ginting
    Nim : 2122009
    Jurusan : Administrasi rumah sakit

  • Unknown
    Unknown 29 Maret 2022 pukul 14.15

    Nama: Nabilah Atifa Oktaviani
    Nim: 2122006
    Jurusan: Administrasi Rumah Sakit

  • Unknown
    Unknown 29 Maret 2022 pukul 14.20

    Nama:Nopi Anggraeni
    Nim:2122011
    Jurusan:Administrasi Rumah Sakit

  • Indah wulandari
    Indah wulandari 29 Maret 2022 pukul 14.20

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  • Indah wulandari
    Indah wulandari 29 Maret 2022 pukul 14.22

    Nmaa:indaj wulandari
    Nim:2122005
    Jurusan: administrasi rumah sakit

  • Unknown
    Unknown 29 Maret 2022 pukul 14.34

    Nama : Selin Angelina
    Nim : 2122008
    Jurusan : Administrasi rumah sakit

  • Unknown
    Unknown 31 Maret 2022 pukul 15.00

    Nama : Fahri Algi Fari
    Nim : 2122010
    Jurusan : Administrasi rumah sakit

  • Unknown
    Unknown 1 April 2022 pukul 21.30

    Nama : Sisca Amelia
    Nim : 2121053
    Jurusan : rmik b

  • Unknown
    Unknown 1 April 2022 pukul 23.48

    Nama : Reza Maulydia
    NIM : 2121042
    Kelas : B RMIK Semester 2

Add Comment
comment url