Tutorial Cara Mengganti dan Memasang senar Biola Dengan Mudah dan Super Cepat !!

Halo sobat baca sekalian dimanapun anda berada. Pada tulisan kali ini FIllArt akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti dan memasang senar biola dengan mudah dan cepat. Tutorial kali ini akan dibahas dengan 4 langkah mudah dan cepat. 

Penasaran kan bagaimana caranya? ......... baiklah mari kita mulai secara perlahan langkah demi langkah tutorialnya.

Langkah Pertama

Untuk langkah pertama ini terbilang sangat mudah sekali. Kenapa demikian, karena anda hanya perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk memasang dan mengganti senar biola sebelum masuk ke langkah ke dua.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan adalah:

  1. Biola (kadang disebut Violin atau Biolin)
  2. Senar Biola (Violin Strings) yang akan dipasang
  3. *optional -----> Tuner untuk menyetem biola (Tutorialnya bisa dilihat disini)

Langkah Kedua

Setelah semua sudah dipersiapkan mari kita melangkah ke tutorial selanjutnya yaitu memasang senar biola. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka bungkus senar biola (terdiri dari 4 senar) dan mengeluarkan senarnya satu persatu. Selanjutnya adalah memegang biola dengan posisi seperti menggendong bayi, dimana badan biola diletakkan di kedua paha dan secara perlahan kedua tangan mulai memegang scroll biola (untuk memahami apa itu scroll bisa dilihat di sini).

posisi pegang biola
posisi memegang biola untuk mulai mengganti senar

Langkah Ketiga

Setelah biola dipegang dan senar sudah disiapkan maka tutorial selanjutnya adalah cara memasang senar biola (violin strings) yang sudah kita siapkan. Ada dua cara dalam memulai tutorial memasang senar biola ini. Bagaimana kedua tutorial cara memasang senarnya?

Dua Cara Dalam Memasang Senar Biola Pertamakali

  1. Langkah pertama adalah dimulai dengan memasang  senar biola (violin strings) dari senar D (senar tiga) lalu setelah dipasang dilanjutkan dengan memasang senar E (senar satu). Selanjutnya dipasang senar G (senar empat) dan terakhir adalah senar A (senar dua).
  2. Langkah kedua adalah dari senar G (senar empat) lalu setelah dipasang dilanjutkan dengan memasang senar senar A (senar dua). Selanjutnya dipasang senar  D (senar tiga) dan terakhir adalah E (senar satu).
Kenapa ada dua cara tersebut?. Jawabannya adalah dalam memasang senar biola (violin strings) harus dipasang senar yang lebih tebal dahulu dalam hal ini adalah senar D (senar dua) dan senar G (senar empat). Cara tersebut dilakukan agar supaya posisi bridge  (untuk memahami apa itu bridge bisa dibaca di sini).

Setelah memilih kedua scara tersebut baru kita mulai dengan bagaimana cara "eksekusinya".

Langkah Keempat

Tutorial dalam langkah keempat ini adalah langkah yang terakhir. Senar biola (violin strings) ada dua sisi yaitu sisi ujung yang "biasanya" dibalut dengan benang dan sisi pangkal yang ditandai dengan buletan kecil untuk mengikat senar biola (violin string). Yuuk marii kita lanjut lagi tutorialnya.

Pertama-tama adalah anda harus memasukkan pangkal senar (biasanya berupa buletan kecil untuk mengikat senar) kedalam steemer (untuk mengerti apa itu steemer s bisa dibaca di sini). Setelah itu ujung senarnya dimasukkan ke dalam lubang kecil uang ada di peg (pemutar senar besar yang berjumlah empat bilah yang ada di bawah  scroll biola.

Tutorial selanjutnya adalah, ujung senar dikencangkan (di putar bagian peg biola) secara perlahan dengan tetap pada posisi memegang biola serta bridge dipegang perlahan. Lakukan cara tersebut untuk setiap senar (pada langkah kedua). Setelah semua selesai maka selesai sudah tutorial cara mengganti dan memasang senar biola dengan mudah dan cepat.

Apabila anda masih bingung dan ragu bisa menulis dikolom komentar untuk kita berbagi pengalaman. Atau kalau anda mau bisa melihat video berikut ini:


Terimakasih sudah mempir dan membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat. Rahayu Sagung Dumadi...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url