Belajar Biola Pemula: Mengenal anatomy atau bagian Biola

Halooo sahabat baca sekalian, berjumpa kembali bersama doly fillamenta. Pada artikel ini saya akan membahas tentang Mengenal Anatomy atau bagian Biola. Kenapa kita harus mengenalnya?. Yaaaaa....gimana ya, mungkin analogi atau perumpamaan versi saya adalah, ketika kita ingin "akrab" dengan seseorang otomatis kita harus mengenalnya lebih dalam, apalagi kalau lagi PeDeKaTe...hahahahaha. Baiklah mari kita mulai mengenal satu persatu.



Anatomy Biola Secara Umum

Instrumen biola memiliki beberapa bagian. Semuanya mempunyai nama yang hmmm... bisa dikatakan agak sedikit "unik" kalau menurut saya pribadi. Kenapa "unik"?.. nah keunikan itu didasarkan pada istilah dan atau nama-namanya memakai bahasa asing. Dalam hal ini adalah bahasa inggris. Perbedaan yang terlihat adalah bahasa yang dipakai untuk nama bagian Biola mempunyai arti yang sedikit berbeda dengan bahasa inggris pada umumnya.

Anatomy Biola bagian Depan

Scroll

Bagian Biola ujung
Photo by Fillamenta
Bagian Biola yang pertama adalah terletak di paling ujung biola yaitu "Scroll". Kalau kita berbicara masalah fungsi dati Scroll tersebut, maka jawabannya adalah "tergantung". Kenapa demikian?, Hal ini disebabkan karena Scroll tersebut sejatinya hanya sebagai hiasan. Bentuknyapun bisa didesain sesuai selera pemilik biolanya.

Pegs

Pegs untuk menggulung Senar Biola
Photo by Fillamenta

Berikutnya adalah "Pegs". Ada 4 buah Pegs yang terpasang di bawah "Scroll" Biola. Fungsi Pegs adalah untuk menggulung senar biola. Setiap bagian dalam pegs diberi bolongan untuk memasikkan ujung senar biola. Kemudian senarnya digulung rapi agar senarnya tidak cepat "rusak" bahkan putus.

FingerBoard

Fingerboard Violin/ Biola
Photo by Fillamenta

Setelah Pegs selanjutnya ada "Fingerboard". Fungsi dari Fingerboard ini adalah untuk "menumpu" jari pada saat menekan senar ketika bermain biola. Pada umumnya Fingerboard ini dibuat dari kayu "Mahoni" atau kayu sejenis berwarna hitam. Hindari untuk mengecat fingerboardnya.

Bridge

Violin Bridge
Photo by Fillamenta
Di belakang Fingerboard adalah "Bridge". Fungsinya adalah untuk menahan senar dari Pegs dengan ukuran tertentu (nanti akan dibahas lebih lanjut mengenai ini) untuk nanti pangkal senar biola dikaitkan di steemernya.

Tailpiece dan Steemer

Tailpiece & Steemer Violin
Photo by Fillamenta
Seperti yang sudah disebut di atas, yaa....selanjutnya adalah "Tailpiece & Steemer". Fungsi utamanya adalah untuk "mengaitkan" pangkal senar biola. Tailpiece ini sendiri ada dua model, yang pertama adalah tanpa steemer (biasanya dibuat dari kayu) dan yang kedua adalah "included" steemer (biasanya dibuat dari plastik). Fungsi selanjutnya adalah untuk "menyetem biola" dengan perlahan (walaupun bisa melalui pegs tetapi kalau belum terbiasa bisa mengakibatkan senar putus!).

Endpin & Tailgut

Endpin & Tailgut Violin
Photo by Fillamenta
Selanjutnya adalah "Endpin & Tailgut". Fungsinya adalah untuk menahan Taipiece. Endpin berfungsi untuk meyangga Tailgut yang dimasukkan di bawah Tailpiece secara melingkar. Endpin harus dalam posisi utuh. Maksudnya adalah di bagian belakang Belly biola dibuat bolongan untuk khusus dimasukkan endpin tersebut. Apabila posisi endpin tidak menutup rapat (pada umumnya kalau biola sdh agak lama endpin menjadi sedikit terangkat), maka resonansi dalam biola getarannya menjadi kurang semprunya sehingga suara yang dihasilkan menjadi "cempreng".

Top, Belly & Back

Terakhir adalah "3 in 1" yaitu "Top" adalah biola bagian atas dibawah fingerboard, "Belly" biola bagian samping (pada umumnya dibuat dua kayu yang melingkari biola dari pangkal body biola sampai belakang menuju endpin yang ada bolongannya) dan "Back" yang merupakan bagian belakang biola. Khusus untuk Back, ada dua "Style" yaitu " 2 pieces" dan "1 piece". Pada dasarnya untuk satu atau 2 piece tidak terlalu mempengaruhi produksi suara biola. Sama halnya denga Scroll, tergantung selera dari pemilik biola. Bedanya hanya kalau one piece hanya bisa di buat oleh "Luthier" (Luthier adalah sebutan untuk seorang ahli pembuat biola/ violin maker yang bersertifikasi khusus). 

Demikianlah sekilas mengenai anatomy atau bagian Biola. Nah untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video berikut:


Terimakasih sudah membaca artikel di sini. Semoga bermanfaat buat kita semua. Rahayu Sagung Dumadi....
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url